Sudah Ngopi Kok Malah Jadi Lemas? Ternyata Ini Penyebabnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 612 2472902 sudah-ngopi-kok-malah-jadi-lemas-ternyata-ini-penyebabnya-oIEsg4wCVe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOPI memang sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang dikonsumsi ketika ingin menambah energi. Kini kopi pun seakan sudah menjadi teman wajib ketika menghabiskan waktu. Tidak heran terdapat bermunculan kedai kopi yang kekinian.

Tapi, terkadang ketika minum kopi efek samping yang akan dirasakan adalah mudah lelah. Padahal, kafein yang ada dalam kandungan kopi dapat membuat semangat, dan tidak mudah mengantuk.

Dilansir dari laman The Indian Express, seorang profesor di Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku di University of Washington, Mark Stein mengatakan, cara kerja kafein yang membuat seseorang yang mengonsumsinya semakin berenergi memang dibenarkan.

Namun menurut penelitian, jika dikonsumsi dalam jangka pendek atau berdekatan akan membuat tekanan yang lebih, sehingga membuat Anda akan merasakan kelelahan.

Kopi

Saat tubuh merasa mengantuk, tapi Anda memaksakannya tetap bugar dengan meminum kopi, maka itu akan membuat Anda merasa kelelahan. "Tetapi efek kumulatif atau dampak jangka panjangnya, meminum kopi memiliki efek sebaliknya," katanya.

Pada akhirnya, konsumsi kafein yang terus menerus atau meningkat berdampak negatif pada tidur, yang juga akan membuat Anda merasa lebih lelah.

"Jika Anda kurang tidur dan stres, dan Anda mengandalkan kafein untuk memperbaikinya, itu hanya badai yang sempurna untuk solusi jangka pendek yang akan membuat segalanya jauh lebih buruk dalam jangka panjang," terangnya.

Oleh karena itu istirahat dengan cukup, jangan pernah memaksakan untuk tetap bugar dan segar saat tubuh butuh tidur. Selain itu, kata Stein, minum lah kopi sesuai porsinya dan jangan mengonsumsinya dalam jangka berdekatan karena akan memperburuk kesehatan Anda.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini