Kucing Mendengkur saat Tidur Tanda Kena Penyakit?

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 612 2472943 kucing-mendengkur-saat-tidur-tanda-kena-penyakit-FBeneIIb0n.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENDENGKUR memang bisa sangat mengganggu, apalagi jika kita sudah memiliki pasangan. Selain itu, mendengkur juga bisa menjadi isyarat adanya gangguan kesehatan pada tubuh loh.

Tapi, ternyata mendengkur bukan hanya bisa terjadi pada manusia loh, kucing pun bisa mendengkur. Bagi kamu yang memelihara kucing mungkin terkadang kamu mendapati kucingmu mengeluarkan suara saat tidur alis mendengkur, tapi apakah hal itu berbahaya?

Sebenarnya perilaku mendengkur kucing masih terbilang normal. Kucing memiliki fase tidur non-Rapid Eye Movement (REM) yang lebih dalam. Fase tersebut tersebut terjadi ketika kucing benar-benar rileks. Pada saat ini lah kucing bisa mendengkur.

Ketika kucingmu sering mendengkur saat tidur tapi kamu tidak menemukan gejala-gejala yang menunjukkan bahwa kucingmu sakit, kemungkinan besar hal tersebut pun bukan diakibatkan masalah medis.

Kucing

Tapi sebagai pemilik kucing, agar tidak salah paham kamu juga harus tahu alasan mengapa kucingmu mendengkur.

1. Kucingmu mungkin tidur dalam posisi aneh sehingga menimbulkan dengkuran sementara.

2. Coba perhatikan lagi bobot kucingmu, bisa jadi kucingmu kelebihan berat badan. Hal ini memberikan tekanan pada saluran hidung dan dengkuran pun akan terdengar.

3. Apakah kucingmu termasuk jenis brachycephalic seperti misalnya persia? Nah jenis kucing ini punya saluran hidung yang pendek dan langit-langit memanjang sehingga tidurnya bisa agak 'berisik'.

Waspada Jika Menunjukan Gejala Ini

Jika dengkuran kucingmu tidak diiringu dengan tanda-tanda penyakit, kemungkinan kucingmu dalam kondisi baik-baik saja. Tapi kamu perlu waspada saat kucingmu memiliki gejala penyakit seperti berikut ini:

1. Nafsu makan menurun dan terlihat lesu. Ini tanda paling umum yang dapat ditemui ketika kucing tidak dalam kondisi baik-baik saja.

2. Menghirup udara dengan cepat, batuk, atau bernafas dengan mulut terbuka. Ini bisa menjadi gejala masalah pernapasan yang dapat menyebabkan atau memperburuk dengkuran kucing kamu.

3. Kotoran dari mata atau hidung, atau bisa juga luka di hidung. Saat kamu menemui gejala ini, bisa jadi kucingmu mendengkur karena terdapat lendir di saluran hidunh akibat infeksi pernapasan.

4. Duduk dengan leher terentang dan bernafas cepat. Ini merupakan sebuah tanda kucingmu sesak nafas.

Jadi, dengkuran pada kucing saat itu bisa dibilang normal ketika tidak ada gejala penyakit yang menyertainya. Namun jika kucinhmu mendengkur dan menunjukkan gelaja-gejala penyakit, segeralah berkonsultasi pada dokter hewan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini