Liburan Seru dengan Staycation di Hotel Unik Yogyakarta

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Sabtu 18 September 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 12 2473274 liburan-seru-dengan-staycation-di-hotel-unik-yogyakarta-FdjjiPsMSG.jpg Foto: wonderfullimage.id

Di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada beberapa daerah di Indonesia yang saat ini masih berlangsung tentu membuat kita merasa bosan. Untuk menghilangkan rasa jenuh, staycation di hotel dengan suasana yang berbeda bisa menjadi pilihan. Seperti hotel-hotel unik di Yogyakarta yang bisa membuat staycation Anda menjadi lebih menyenangkan. Ketika Anda staycation nanti, jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M dan pastikan Anda sudah melakukan vaksinasi, ya! Sehingga ketika sudah waktunya Anda berlibur ke berbagai tempat wisata yang sudah mulai dibuka secara bertahap nanti, akan lebih terasa tetap aman dan nyaman.

Okezone punya rekomendasi hotel-hotel unik di Yogyakarta yang akan membuat staycation Anda menjadi lebih seru, yuk kita intip!

1. Aveta Hotel Malioboro

 

Foto. Instagram @avetahotelmalioboro

Hotel ini menawarkan fasilitas sky pool dengan pemandangan Kota Yogyakarta yang indah. Dari tempat renang, Anda bahkan bisa melihat suasana Jalan Malioboro. Selain itu, yang bikin makin betah, interiornya didesain dengan konsep minimalis namun tetap mewah. Dari dalam hotel, Anda juga bisa memandangi Kota Yogyakarta yang indah dan bangunan bersejarah di sekitarnya. Terdapat juga rooftop cafe yang menyajikan aneka menu hidangan lezat.

Hotel yang terletak di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta ini, letaknya terbilang strategis. Berada di jantung kota, yang juga dekat dengan objek wisata seperti Kampung Wisata Taman Sari, Pasar Beringharjo, Tugu Jogja, Museum Benteng Vredeburg, Museum Yogyakarta, hingga Keraton Kesultanan. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang populer di Indonesia, karena di kota ini terdapat pusat seni, budaya, kuliner dan masih banyak lagi hal yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Nah, buat Anda yang sedang staycation di sini, Anda bisa #BeliKreatifLokal aneka kuliner khas Yogyakarta secara online seperti di @gudegyudjum atau @thiwulayumboksum.

2. Greenhost Boutique Hotel

 

Foto. Instagram @greenhosthotel

Hotel Greenhost adalah salah satu hotel unik di Yogyakarta. Hotel dengan konsep ramah lingkungan ini terletak di daerah yang kental dengan seni dan budaya, yaitu di Prawirotaman. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau, berada tak jauh dari destinasi wisata populer, seperti Keraton Kesultanan, Taman Sari, dan Benteng Vredeburg.

Sesuai dengan namanya, Greenhost Boutique Hotel ini benar-benar didominasi warna hijau, yaitu berasal dari tumbuhan rambat yang ada pada dindingnya . Semua sudut sisi hotel juga dihiasi oleh pot-pot yang berisi tanaman hijau sehingga semakin menambah keasrian tempat ini. Bagian koridor juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak pengap. Suasana sejuk khas alam tropis tentunya akan Anda rasakan saat menginap di tempat ini. Cocok banget untuk Anda yang ingin staycation dan mencari ketenangan.

Masuk ke lobi hotel, pengunjung akan merasakan suasana yang nyaman seketika. Lobi didesain semi outdoor dengan bagian atap tertutup oleh partisi yang menghadap ke koridor hotel dan kolam renang. Berkat sirkulasi udara yang baik, meskipun cuaca di luar sangat terik, di bagian dalam hotel akan tetap terasa sejuk meski tidak menggunakan pendingin udara.

Hal keren dan unik lainnya dari hotel ini adalah rooftop yang digunakan sebagai area instalasi kebun hidroponik. Pengunjung dapat melihat selada, sawi, pakcoy, dan sayuran segar lain yang sengaja ditanam. Bagian depan kamar hotel juga terdapat kangkung-kangkung yang ditanam di pipa-pipa paralon hingga mengelilingi hotel. Sungguh, nuansa asri meski di tengah kota bisa Anda rasakan saat menginap di hotel ini.

Sambil staycation nikmati juga beragam kuliner khas Yogyakarta dengan #BeliKreatifLokal, seperti mangut lele, wedang tahu, hingga bakpia pathok. Atau Anda juga bisa pilih cara yang lebih mudah dengan pesan online melalui akun pengusaha lokal @bakpiatugujogja atau @mangutlelembah.

3. Java Villas Boutique Hotel & Resto

 

Foto. Instagram @javavillasboutiquehotel.jogja

Prawirotaman dikenal sebagai daerah yang banyak digandrungi wisatawan saat staycation di Yogyakarta. Salah satu penginapan yang layak menjadi pilihan apabila Anda staycation di daerah Prawirotaman adalah Java Villas Boutique Hotel & Resto.

Hotel ini cukup unik karena mengadopsi konsep bangunan Colonial Heritage. Dari luar, bangunan yang terdiri dari dua lantai ini tampak artistik. Kekokohan Java Villas Boutique Hotel & Resto juga terlihat dari struktur bangunannya. Beberapa tanaman hias dan sebuah pohon besar di area depan memberikan kesan asri dan sejuk.

Tak ketinggalan, lobi hotel yang satu ini pun dirancang megah dan mewah. Pintu kaca untuk masuk ke lobi dilengkapi dengan handle berukuran besar yang memperkuat aksen bangunan Eropa. Lantai-lantai ruangan ini menggunakan tegel kunci yang memberikan sentuhan nuansa vintage. Pencahayaan pada area lobi menggunakan kombinasi antara lampu klasik dan modern.

Benda-benda seni seperti lukisan dan ornamen penghias dinding terdapat di beberapa sudut lobi. Lampu hias bergaya klasik menambah kehangatan area waiting room.

Lalu, area resto disekat dengan ornamen-ornamen unik berbahan kayu. Table set kayu bergaya lawas dengan dominasi warna putih, berpadu dengan lantai motif khas tegel kunci semakin membuat kesan klasik terasa begitu kental layaknya berada di dalam rumah zaman kolonial.

Selain menikmati keindahan interior hotel, ada beragam kuliner yang juga wajib Anda nikmati seperti yangko, nasi godog, wedang ronde, dan lainnya. Biar mudah pesan online saja di @ronderohmat dan @limoroso, ya!

4. Rumah Mertua Heritage

 

Foto. Instagram @rumahmertuaheritage

Rumah Mertua Heritage Yogyakarta merupakan penginapan dengan konsep Hotel Butik yang nyaman dengan area taman tropis. Terletak di Kabupaten Sleman, hotel ini dapat dicapai dengan berkendara selama 15 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Pada kolam renang di bagian outdoor dikelilingi oleh kursi untuk tamu hotel berjemur. Dari Rumah Mertua Heritage Yogyakarta ini, Anda dapat mengunjungi Malioboro, Istana Air Taman Sari, Benteng Vredeburg, dan Museum Affandi. Hotel ini juga memberikan pelayanan spa, yaitu Java Traditional Massage, yang bisa membuat Anda rileks dan mengusir capek. Jika Anda tertarik untuk menikmati spa di hotel ini, jangan lupa untuk pastikan kembali waktu hingga aturan lainnya kepada staf hotel, ya!

Hotel ini bisa masuk kedalam bucket list Anda untuk staycation ketika situasi mulai membaik. Cita rasa kemewahan lalu dipadu dengan gaya tradisional khas Yogyakarta yang klasik dan cantik akan Anda dapatkan di hotel ini. Setiap kamar memiliki desain tradisional dan modern dengan warna-warna pastel yang memberikan kesan nyaman. Sehingga akan membuat pengalaman staycation Anda dan keluarga tak terlupakan.

Hotel ini kental dengan dekorasi khas Jawa, kamar-kamar yang memiliki pendingin udara juga dilengkapi dengan fasilitas TV kabel dan perabotan kayu. Bila ingin berwisata, Anda tidak perlu khawatir, penyewaan mobil dapat diatur di meja layanan wisata. Setelah seharian berjalan-jalan, Anda dapat memesan layanan pijat dengan minyak tradisional Jawa.

Selain penginapan, hotel ini juga memiliki fasilitas restoran bernama Rumah Mertua Garden Restaurant yang menyajikan masakan autentik Indonesia dengan latar tempat berupa taman yang romantis. Sarapan bagi para tamu juga disajikan di restoran ini setiap paginya. Jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Yogyakarta di tempat ini, seperti sate klatak, cenil, geplak, dan beragam kuliner lainnya. Buat Anda yang ingin mencoba kuliner tersebut dari pelaku usaha lokal lainnya, langsung saja pesan online melalui @nglathak atau @geplakwajikjogja, ya!

5. Yats Colony

 

Foto. Instagram @yatscolony

Ketika memasuki halaman Hotel Yats Colony, Anda akan langsung disambut suasana kolam berbentuk unik yang dikelilingi oleh bangunan hotel yang artistik. Masing-masing ruangan di hotel ini memiliki tema dan namanya sendiri-sendiri.

Yats Colony adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan pilihan staycation Anda untuk menginap dengan kesan istimewa. Hotel yang terletak di Jalan Patangpuluhan, Yogyakarta ini, menghadirkan kenyamanan, ketenangan raga, menyegarkan hati, dan membuat pikiran sejenak lepas dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Beberapa art piece yang terdapat di tiap kamar merupakan karya seniman lokal, lho! Misalnya centerpiece kayu dengan ilustrasi unik di dinding atas tempat tidur dan tempat anyaman putih untuk menyimpan toiletries. Jika situasi telah membaik dan nantinya Anda memiliki rencana mengunjungi lokasi wisata di sekitar penginapan, jangan khawatir ya, karena Hotel Yats Colony dekat dengan lokasi wisata seperti Sumur Gumuling, Taman Sari, Alun-alun Selatan, Museum Sonobudoyo, dan Keraton Kesultanan.

Kulinernya juga tidak boleh Anda lewatkan saat staycation nanti, ya! Seperti sayur lombok hijau, bakmi Yogyakarta, keripik belut, hingga sate kere. Pesan online juga bisa, lho! Langsung saja hubungi media sosial pelaku usahanya seperti @bakmigandhok atau @satekere_mbahmardi.

Itulah 5 tempat staycation yang seru dan berkesan di Yogyakarta. Tempat-tempat tersebut, tentunya bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu staycation #DiIndonesiaAja ketika keadaan berangsur membaik. Saat berwisata nanti, Anda tetap wajib disiplin protokol kesehatan, ya! Dengan kesadaran akan protokol kesehatan dan implementasi aspek-aspek #InDOnesiaCARE yang dilakukan pada sektor pariwisata, tentu sangat berarti bagi percepatan pemulihan sektor ini. Upaya ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dan stakeholder pariwisata dalam rangka World Tourism Day pada 27 September 2021 mendatang.

 

Foto. Wonderfulimage.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf), Sandiaga Uno menegaskan penting untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan sampai kapanpun. "Inilah pariwisata baru yang berkualitas yang sangat memerhatikan aspek kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan," katanya.

Kemenparekraf juga terus menggalakkan program sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di berbagai akomodasi, tempat wisata, maupun sentra ekonomi kreatif (ekraf). Hal ini merupakan bagian dari adaptasi sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk staycation di hotel unik Yogyakarta, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, buruan ikutan! Selain bisa mengikuti PUKIS, dengan follow akun Instagram @pesonaid_travel, Anda juga bisa mendapatkan beragam inspirasi seputar destinasi wisata dan produk kreatif lokal menariknya yang ada #DiIndonesiaAja. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini