Layanan Telemedicine Dinilai Bisa Tekan Penularan Covid-19

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 18 September 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 481 2473249 layanan-telemedicine-dinilai-bisa-tekan-penularan-covid-19-tGj32CISj2.jpg Layanan telemedicine (Foto: Shutterstock)

DI tengah pandemi Covid-19 layanan telemedicine menjadi salah satu alternatif populer bagi masyarakat yang ingin melakukan konsultasi kesehatan.

Melalui layanan telemedicine maka pasien tak usah datang ke klinik sehingga bisa terhindar dari virus corona dan menekan penularan Covid-19.

 telemedicine

"Untuk menghindari kerumunan saat mengantre, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau pengobatan, telemedicine juga bisa datang ke rumah pelanggan yang membutuhkan layanan kesehatan sehingga pasien aman dari paparan virus corona," ujar Dokter Willy Setiawan, Medical Advisor Dokterlink, Sabtu, (18/9/2021).

Dokter Willy menjelaskan, tes covid-19 seperti swab antigen dan swab PCR, infus dan inject booster, vaksin influenza hingga khitan bisa dilakukan di rumah saja di tengah pandemi lewat telemedicine guna menghindari virus corona.

Melalui telemedicine dokter dokter juga bisa menilai seberapa perlu pasien untuk datang ke rumah sakit atau klinik. Jika bisa dinilai melalui virtual saja, maka dokter dapat memberikan terapinya tanpa pasien harus bertemu.

Lalu obat yang dibutuhkan bisa dikirim ke rumah pasien melalui antaran khusus. Meskipun telemedicine bisa dilakukan jarak jauh, maka protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) tetap dibutuhkan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini