Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi, Isi Waktu dengan Membuat Kue

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 18 September 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 612 2473364 jaga-kesehatan-mental-di-tengah-pandemi-isi-waktu-dengan-membuat-kue-D25suSFFNH.jpg Alat membuat kue (Foto: Ist)

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hingga 20 September 2021, sebagai bagian dari strategi untuk untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menekan jumlah kasus positif di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, Pemerintah akan terus memberlakukan PPKM  di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasi tiap satu minggu.

"Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM Level Jawa Bali ini akan terus diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasi nya tiap satu minggu," kata Luhut.

Di sisi lain, pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mempercepat cakupan vaksinasi dan penerapan aplikasi PeduliLindungi di berbagai daerah.

"Di sisi lain, kecepatan vaksinasi dan implementasi peduli lindungi serta protokol kesehatan masih tertinggal. Penurunan level PPKM di berbagai kota menyebabkan banyak euphoria dari masyarakat yang tidak disertai dengan implementasi protokol Kesehatan dan penggunaan peduli lindungi," tambah Luhut.

Salah satu hal penting dari protokol kesehatan adalah dengan tetap berkegiatan di rumah, mengurangi mobiltas dan menghindari kerumunan. Melaksanakan kegiatan di rumah memang masih harus menjadi prioritas. Tetapi berada di rumah saja tentu menimbulkan rasa bosan, jenuh dan bahkan bisa berdampak lebih lanjut menjadi gangguan kesehatan mental.

Pakar bidang Psikologi Klinis Dewasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Nirmala Ika, M.Psi mengatakan, untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi ini, kita harus banyak bergerak.

“Tetap bergerak. Di rumah saja kadang membuat kita malas ngapa-ngapain. Kalau memang tidak bisa keluar kan kita bisa muter-muter di sekitar rumah. Ini bukan penjara," ucap Ika pada Okezone.com.

Nirmala Ika menyarankan Anda untuk sesekali melihat kondisi di luar rumah. Misalnya dengan berjalan di sore hari sambil tetap mematuhi protokol kesehatan. Cara ini membuat Anda tetap terhubung dengan orang-orang di sekitar dan menghilangkan kesan, betapa mengerikannya dunia luar di saat pandemi ini.

Namun Ika mengingatkan, ketika berkegiatan di luar rumah harus tetap menjaga prokes, tetap bijak dalam menilai seberapa penting untuk keluar rumah atau urgensinya.

Ada beberapa pilihan kegiatan untuk mengusir kejenuhan dan rasa bosan saat harus berada di rumah pada masa PPKM ini. Salah satu yang cukup populer adalah memasak atau mrmbuat kue.

Profesor ilmu psikologis dan otak di Universitas Boston, Donna Pincus megatakan, membuat kue bisa mengatasi stress yang Anda alami akibat masalah mental dan fisik. Seperti dilansir Huffpost, Sabtu (27/1/2018), ternyata baking lebih dari sekadar menghasilkan kue yang manis untuk dimakan. Secara psikologis, baking memiliki manfaat luar biasa, salah satunya adalah bentuk ekspresi diri dan komunikasi yang produktif.

"Ada banyak literatur yang berhubungan dengan ekspresi kreatif dan kesejahteraan secara menyeluruh. Entah dari ekpresi yang disalurkan lewat lukisan, musik, atau membuat roti (baking). Ada rasa lega yang sulit dideskripsikan bagi mereka yang menjalani, baking semacam wadah untuk mengekspresikan diri."

Nah, bagaimana dengan Anda? Jika Anda ingin tetap menjaga kesehatan mental di tengah pandemi, membuat kue dapat menjadi pilihan yang mudah. Lebih mudah lagi jika membuat adonan kue menggunakan Oxone Mixing Bowl dari eMSHOP.

 alat membuat kue

Oxone Mixing Bowl dapat digunakan untuk mencampur adonan kue, membuat ice cream, salad buah, dan lainnya. Mangkuk ini terbuat dari bahan stainless steel dengan plastic cover air berkualitas tinggi dengan tebal 0.65 mm , serta finishing mengkilap, sehingga anti karat dan mudah dibersihkan. Mangkuk ini multi fungsi, simple dan elegant serta bisa digunakan untuk semua jenis kompor.

“Oxone Mixing Bowl sangat disarankan karena mangkuk ini multi fungsi, simple dan elegant serta bisa digunakan untuk semua jenis kompor. Tak perlu takut karat karena terbuat dari stainless steel dengan plastic cover air. Kami berkomitmen menyediakan produk-produk berkualitas dan sudah teruji.” Ucap Khilqa Putri, Head of Merchandiser eMSHOP.

Produk Oxone Mixing Bowl dapat ditemukan di www.emshop.id atau download applikasi eMShop di Play Store. Anda dapat melihat penawaran produk dan promo lainnya pada laman @officialrcti, @officialmnctv, @officialgtv dan tentunya di @emshop_officials.

eMShop, e-commerce yang berada di bawah MNC Group ini menjadi penyedia kebutuhan sehari-hari terlengkap dan paling mengikuti tren dan minat masyarakat. Selain itu, eMshop juga memiliki keunggulan lain berupa jaminan kualitas produk original dan paket terlengkap dengan harga bersaing. Juga ada diskon pengiriman di seluruh Indonesia serta layanan service 24 jam yang dapat dihubungi di 1500887. Ikuti juga eMSHOP di media social: Facebook (@emshop.official), Twitter (@emshopofficial), Instagram (emshop_officials), dan Tiktok (@emshop_official).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini