Ini 5 Bumbu Dapur Multifungsi yang Bantu Turunkan Berat Badan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 19 September 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 19 612 2473719 ini-5-bumbu-dapur-multifungsi-yang-bantu-turunkan-berat-badan-3DbCgxEy6l.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENURUNKAN berat badan yang baik memang harus dilakukan lewat diet seimbang dan olahraga. Teknik diet pun bermacam-macam, ada yang menghindari karbohidrat dengan tidak memakan nasi sama sekali, ada juga yang memilih menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Tapi, sebenarnya diet bisa dilakukan lewat rempah-rempah yang menambah rasa pada makanan Anda. Lantas, apa saja bumbu dapur yang harus digunakan dalam proses diet?

Dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Times of India pada Minggu (19/9/2021), berikut adalah 5 bumbu dapur yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Kapulaga

Mengonsumsi kapulaga dengan air hangat di malam hari dapat membantu meningkatkan laju metabolisme. Kapulaga memiliki melatonin, yang penting untuk meningkatkan tingkat metabolisme.

Tingkat metabolisme yang tinggi membantu tubuh untuk mengaduk lemak lebih cepat dan melepaskan lebih banyak energi. Dengan demikian, kapulaga adalah bumbu yang sehat untuk memerangi obesitas yang tidak sehat.

Bumbu dapur

Biji fenugreek

Biji fenugreek kaya akan serat, yang membuat Anda kenyang lebih lama dan dengan demikian menghentikan Anda dari makan berlebihan. Fenugreek dapat membantu mengurangi asupan lemak dan kalori makanan Anda.

Itu membuat Anda kenyang lebih lama dan menekan hasrat, yang merupakan penghalang terbesar selama perjalanan penurunan berat badan.

Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan anti-virus dan sarat dengan antioksidan. Ini membantu menambah kehangatan pada tubuh dalam sekejap.

Kunyit juga meningkatkan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan metabolisme. Anda dapat menggunakan kunyit dalam mengolah berbagai masakan seperti kari, atau bahkan nasi kuning.

Kayu manis

Dari smoothies, kue panggang, hingga sup, kayu manis digunakan dalam membuat berbagai hidangan. Ini dikemas dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Bahkan, minum air kayu manis setiap pagi dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan menghasilkan penurunan berat badan yang cepat.

Jika seseorang resisten insulin, karbohidrat yang dimakan oleh seseorang diubah menjadi gula yang tidak dimetabolisme menjadi kuantum yang dibutuhkan dan diubah menjadi lemak. Kayu manis dapat membantu memutus siklus ini dan dengan demikian menurunkan berat badan.

Lada hitam

Dari meredakan kesemutan hingga membantu Anda menurunkan berat badan, lada hitam memiliki berbagai manfaat kesehatan. Untuk menurunkan berat badan ekstra itu, Anda bisa menambahkan sejumput lada hitam ke dalam teh hijau dan meminumnya dua-tiga kali sehari. Fitonutrien dalam lada hitam juga membantu membakar lemak berlebih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini