Orangtua di AS Rela Bayinya Ikut Uji Coba Vaksin Covid-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 20 September 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 481 2474170 orangtua-di-as-rela-bayinya-ikut-uji-coba-vaksin-covid-19-6JdR4JLGxT.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: AAMC)

RUPANYA sejumlah orangtua di Amerika Serikat mengizinkan anak balitanya ikut uji coba vaksin Covid-19, salah satunya Rachael DiFransico. Anaknya yang bernama Sybil, berusia 1 tahun 2 bulan, ikut terlibat dalam studi vaksin.

"Uji coba ini adalah upaya terbaik kami mendapatkan vaksin secepat mungkin," kata DiFransico, menurut laporan Fox News, Senin (20/9/2021).

Dengan ikut terlibatnya sang buah hati di uji coba vaksin Covid-19 tersebut, DiFransico berharap dapat memiliki lebih banyak waktu untuk anak-anaknya.

 Vaksin Covid-19

Bahkan, di AS sendiri para orangtua seperti berlomba-lomba untuk melibatkan anaknya yang masih sangat kecil untuk divaksinasi Covid-19, meskipun itu masih dalam tahap uji coba. Alasan mereka jelas, supaya balita mereka terlindungi dari virus corona.

Tahap uji coba vaksin memungkinkan anak-anak mendapatkan plasebo, bukan vaksin. Risiko ini tampaknya tidak menghalangi orangtua di negara tersebut. Ya, mereka masih tetap mau mendaftarkan bayinya untuk dijadikan subjek penelitian.

"Mereka bersedia mengambil kesempatan ini dan menyerahkan bayinya untuk dilakukan serangkaian tes, mulai dari pengambilan darah, tes Covid-19, hingga janji temu untuk melindungi mereka, serta keluarga dan teman-temannya," terang laporan tersebut.

Varian Delta yang mendominasi kasus AS dan terjadi begitu cepat menjadi kekhawatiran terbesar para orangtua ini. Urgensi bayi untuk menerima vaksin itu nyata dan seharusnya studi sudah dilakukan demi masa depan yang lebih baik.

Anak-anak di bawah 12 tahun adalah kelompok yang belum mendapat vaksin Covid-19. Padahal, risiko mereka untuk terpapar sama besarnya seperti orang dewasa dilihat dari jumlah pasien di rumah sakit yang terus meningkat. Terlebih pada anak yang belum divaksin Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini