Bioskop Dibuka Lagi, Sandiaga Uno: Kapasitas 50% dan Prokes Ketat

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 20 September 2021 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 481 2474247 bioskop-dibuka-lagi-sandiaga-uno-kapasitas-50-dan-prokes-ketat-y3BKU26zBU.jpg Bioskop (Foto: Gender media connect)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali memberikan angin segar bagi dunia perfilman Indonesia.

Sandiaga menjelaskan, pada 16 September 2021 telah pemerintah memperbolehkan dibukanya bioskop untuk daerah Pulau Jawa dan Bali.

Meski pembukaan bioskop telah diberlakukan, namun disertai dengan beberapa syarat. Misalnya kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota (yang menerapkan PPKM) Level 3 dan Level 2. Kemudian penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

prokes 

Lebih lanjut, Kemenparekraf telah berkoordinasi dengan Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) untuk berkomitmen untuk menjalankan pembukaan bioskop sesuai protocol Kesehatan

yang telah ditetapkan salah satunya adalah melalui penggunaa PeduliLindungi dan beberapa persyaratan lainnya yang telah ditetapkan dalam Inmendagri No.42 tahun 2021.

"Pembukaan bioskop sebagai sebagai skema untuk membangkitkan industri kreatif film tanah air tentunya terdiri dari kolaborasi lintas, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing masing," katanya dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (20/8/21).

Selanjutnya, kata Sandiaga, pada intinya tetap akan memastikan keamanan dan kesehatan para penonton di Indonesia. Hal ini guna agar produksi dan distribusi film Indonesia, serta ekosistem industri perfilman indonesia yang memasuki zaman emas sejak tahun 2018 dapat segera pulih.

"Komitmen yang diberikan tentunya berdasarkan pada harapan agar tenaga kerja yang berada di industri bioskop juga dapat bekerja kembali dan mulai menata agar industri film dapat segera bangkit di masa pandemi ini," terangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini