15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus, Makin Cantik Maksimal!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 20 September 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 611 2474070 15-cara-mengecilkan-pori-pori-wajah-agar-terlihat-mulus-makin-cantik-maksimal-WWBnbt8hdX.jpg 15 cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus (Foto: Boldsky)

ADA 15 cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus. Ya sebagian orang menganggap bahwa cantik adalah mereka yang memiliki kulit nyaris tanpa pori-pori.

Karenanya, banyak produk kecantikan yang dibuat untuk menutup pori-pori wajah seperti primer, long lasting foundation, dan masih banyak lagi.

Alih-alih terlalu sering menggunakan produk tersebut yang dapat menimbulkan efek samping, ada baiknya Anda mencoba untuk menghilangkan pori-pori dengan cara yang lebih alami.

Es batu

15 cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus

(15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus, Foto: Boldsky)

Es tidak hanya bagus untuk mengecilkan ukuran jerawat Anda, tetapi juga salah satu metode terbaik untuk mengecilkan pori-pori Anda secara alami.

Cara kerja es adalah mengencangkan kulit. Saat kulit Anda mengencang dari es, pori-pori Anda juga menyusut. Menggosok es pada kulit selama 10 hingga 20 detik dapat menyebabkan kulit kembali mengencang bersamaan dengan pori-pori Anda.

Soda kue

Eksfoliasi dengan baking soda adalah salah satu trik brilian untuk mengecilkan pori-pori secara alami. Soda kue dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda dan bahkan menghilangkan kotoran dan minyak yang muncul di wajah Anda.

Namun, jangan mencoba metode ini jika Anda memiliki kulit sensitif karena dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat mencoba area kecil di wajah Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda bereaksi negatif.

Baca Juga : Tips Mengatasi Pori-Pori Tersumbat, Dicoba Yuk!

Makan sehat

15 cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus

(15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus, Foto: Boldsky)

Makan sehat bermanfaat bagi kulit kita dan juga mengurangi ukuran pori-pori kita. Jika kita terus-menerus makan junk food yang sarat dengan minyak dan lemak, ini akan merusak penampilan kulit kita.

Ubah pola makan Anda dan mulailah makan makanan yang kaya protein dan makanan lain seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan asam lemak omega-3.

Bersihkan wajah setiap hari

Membersihkan wajah dan pengelupasan secara teratur membantu menjaga pori-pori tetap bersih. Pori-pori yang bebas dari kotoran akan lebih sulit dikenali. Gunakan air hangat atau uap untuk membuka pori-pori lalu lakukan scrubbing.

Baca Juga : 5 Cara Alami Hilangkan Pori-Pori Besar di Wajah, Cegah Munculnya Jerawat!

Scrubbing setiap minggu

Gabungkan scrub ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Berhati-hatilah agar kulit tidak terkelupas secara berlebihan. Eksfoliasi penting untuk membersihkan kulit dari sel-sel mati, tetapi bisa membuat Anda iritasi jika berlebihan.

Jauhkan tangan dari wajah

Kecuali Anda sedang membersihkan atau sedang melakukan perawatan kulit, jauhkan tangan Anda dari wajah. Bakteri dari tangan Anda dapat berpindah ke wajah dan masuk ke pori-pori Anda. Karenanya, minimalkan waktu yang Anda habiskan untuk menyentuh wajah.

Gunakan primer dengan SPF

15 cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus

(15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus, Foto: Boldsky)

Primer yang mengandung SPF adalah solusi sempurna karena mereka melakukan banyak tugas dengan menghaluskan pori-pori sekaligus melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Gunakan krim retinoid

Krim retinoid membantu meningkatkan pergantian sel kulit, yang membuat pori-pori lebih cerah. Anda akan melihat pori-pori yang tampak lebih kecil dalam beberapa minggu.

Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah toner kulit alami untuk Anda. Dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya, ini membantu mengobati jerawat. Lebih penting lagi, mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengencangkan kulit dengan mengurangi pori-pori besar.

Putih telur

Putih telur akan membantu mengencangkan kulit, yang pada gilirannya akan mengecilkan pori-pori besar. Membuat masker peel-off dengan putih telur sangatlah mudah. Belum lagi, ini adalah obat yang sangat baik untuk menghilangkan minyak berlebih.

Lulur gula

Gula melakukan pekerjaan luar biasa dalam pengelupasan kulit, menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari pori-pori. Faktanya, menggunakan scrub gula dapat mengurangi ukuran pori-pori Anda dengan membuang semua kotoran.

Multani mitti

Multani mitti terkenal sebagai obat rumahan untuk kulit berminyak. Bagaimanapun, itu mengelupas kulit dan menyerap minyak berlebih dengan mudah.

Untuk menggunakan multani mitti alias Fuller's earth, campurkan dengan satu sendok teh air mawar dan oleskan pasta yang dihasilkan secara merata di wajah Anda.

Biarkan hingga benar-benar kering dan gosok dengan gerakan melingkar dengan sedikit air untuk menggosok semuanya. Bilas wajah Anda dengan air dingin dan selesai.

Lulur tomat

15 cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus

(15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus, Foto: Boldsky)

Berkat sifat astringennya, tomat menghilangkan minyak berlebih, mengencangkan kulit, dan mengurangi ukuran pori-pori besar. Kaya akan likopen dan antioksidan, tomat sebenarnya dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan utama dalam begitu banyak produk perawatan kulit yang beredar di pasaran. Jus mentimun memiliki sifat astringen yang diketahui dapat mengecilkan pori-pori besar yang ada di wajah Anda.

Yogurt

Yoghurt alami sarat dengan probiotik dan bakteri laktat. Ini membantu mengekstrak bakteri jahat yang menempel di wajah Anda dan menyebabkan Anda berjerawat. Saat Anda menyingkirkan bakteri jahat itu, ini secara otomatis mengecilkan pori-pori Anda dan membuatnya bersih!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini