Ini Akibat jika Tak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 20 September 2021 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 611 2474236 ini-akibat-jika-tak-membersihkan-make-up-sebelum-tidur-ZILdrBOKEm.jpg Membersihkan makeup (Foto: Dermstores)

KALAU pulang larut malam dan kelelahan menjadi alasan kamu untuk bermalas-malasan membersihkan make up di malam hari. Padahal, kebiasaan itu bisa merusak kulit wajah kamu loh.

Melansir dari Daily Mail, berikut 5 akibat mengerikan dari make up yang tidak dibersihkan sebelum tidur.

 wajah

1. Breakout

Breakout adalah kondisi ketika kulit mengalami iritasi dan berjerawat. Tidur dengan riasan akan membuat minyak, polusi, dan sejumlah bakteri mengendap di pori-pori kulit wajah. Hal inilah yang memicu pertumbuhan jerawat meradang dengan parah.

Lou Sommereux, Direktur Klinis di Cosmex Clinic, Cambridge mengatakan bahwa menghapus make up sebelum tidur dapat mencegah timbulnya jerawat. Lebih bagus lagi jika kamu melakukan double cleansing.

"Untuk mencegah jerawat, jawabannya sangat sederhana. Hapuslah riasan Anda sebelum tidur. Double cleansing harus dilakukan untuk menghilangkan semua sisa riasan dan bakteri," katanya Lou Sommereux.

Dokter Martin Kinsella, seorang dokter kosmetik dari Re-Enhance Clinic dan ahli kecantikan menambahkan bahwa tidur dengan riasan akan memperburuk tempat tidur. Bahkan bisa menyebabkan infeksi. Kemudian, ia juga merekomendasikan untuk menggunakan produk yang mengandung exfoliator kimia agar pori-pori wajah benar-benar bersih.

"Saya merekomendasikan exfoliator kimia, seperti asam salisilat untuk rutinitas perawatan kulit Anda sekitar tiga kali per minggu untuk memberikan pori-pori Anda benar-benar bersih," kata Dokter Kinsella.

2. Kerutan wajah

Kotoran dan riasan yang terperangkap di kulit dapat menghambat produksi kolagen dan menimbulkan kerutan di wajah. Mel Gravel-Barnes dari Croma Pharma menghimbau untuk menggunakan produk skincare yang mengandung asam hialuronat dan retinol secara rutin. Kedua bahan itu bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Asam hialuronat juga dapat menghilangkan garis-garis kerutan dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan di wajah.

3. Kulit kusam

Jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang cerah, maka hapuslah make up mu dengan baik. Lou menjelaskan bahwa membersihkan kulit secara teratur dapat memperbaiki sel kulit yang rusak dan menumbuhkan sel-sel kulit baru yang sehat. Selain itu, gunakanlah asam glikolat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit wajah tampak halus bercahaya.

4. Infeksi mata

Tidur dengan riasan dapat menyebabkan iritasi dan juga infeksi pada bagian mata yang cukup parah. Hal itu terjadi saat kamu tertidur, kemudian menyebarkan bakteri di wajah dan menggosokkannya di sekitar area mata.

Belum lagi ketika terkena bantal dan juga selimut. Kebiasaan itu bisa menyebabkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata. Kamu akan tampak lebih tua secara keseluruhan.

Tak hanya itu, menggunakan maskara seharian dapat membuat bulu mata menjadi rapuh, menipis, dan juga rontok. Oleh karena itu, membersihkan make up sebelum tidur sangatlah penting dilakukan.

5. Iritasi dan ruam

Riasan sering mengandung wewangian serta kandungan lainnya, seperti pewarna dan juga parfum. Ketika dibiarkan di kulit dengan jangka waktu yang lama, kandungan ini bisa menyebabkan iritasi yang menyebabkan peradangan. Kamu bisa berisiko mengidap penyakit rosacea atau kulit sensitif.

Untuk mencegah hal itu, Mel Gravel-Barnes menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung asam hialuronat, niacinamide, serta vitamin c untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Itu dia beberapa akibat ketika kamu tidak membersihkan make up sebelum tidur. Semoga membantu!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini