Cek Fakta: Belum Vaksin Covid-19 Tak Bisa Naik KRL

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 20 September 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 612 2473965 cek-fakta-belum-vaksin-covid-19-tak-bisa-naik-krl-IRNgRWAROI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VAKSIN adalah salah satu syarat untuk melakukan perjalanan dan memasuki beberapa tempat umum seperti mal. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka yang memiliki potensi membawa virus masuk ke tempat umum.

Namun, belakangan beredar informasi bahwa mereka yang belum mendapatkan Covid-19 tidak bisa naik kereta listrik (KRL). Informasi tersebut beredar luas di media sosial yang membuat masyarakat menjadi ragu dan bingung.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komiter Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Senin (20/9/2021), menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut tidaklah benar atau hoax.

Hoax

Menanggapi simpang siur mengenai kabar tersebut, PT KAI Commuter melalui akun Twitter resminya telah memberikan klarifikasi terkait informasi tersebut.

Dalam postingannya KAI menjelaskan, bagi penyintas Covid-19 kurang dari tiga bulan atau masyarakat yang menderita komorbid sehingga belum mendapatkan vaksin Covid-19, maka tetap bisa menggunakan layanan KRL.

Masyarakat yang tetap ingin menggunakan jasa KRL hanya perlu menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter di Puskesmas atau rumah sakit mengenai kondisinya tersebut.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial ataupun broadcast pesan di aplikasi chatting.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini