Dokter Tirta Rekomendasi Air Purifier untuk Meminimalisir Penularan Covid

MNC Media, Jurnalis · Senin 20 September 2021 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 612 2474009 dokter-tirta-rekomendasi-air-purifier-untuk-meminimalisir-penularan-covid-mG7YsHoCtg.jpg Dokter Tirta. (Foto: Youtube)

DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. dr Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Kali ini dr Tirta membahas mengenai penularan virus corona di ruangan tertutup akibat sirkulasi yang buruk. Ia juga mengungkapkan bahwa AC dapat memperburuk penularan Covid di ruang tertutup.

“Yang namanya CDC (Centers for Disease Control and Prevention) itu mengemukakan bahwa ternyata si virus Covid atau bakteri itu sangat mudah beredar di tempat yang sirkulasi udaranya sangat buruk, apalagi kalau tempatnya menggunakan AC. Banyak debu, virus, jamur, partikel itu menjadi satu di AC tersebut dan muter-muter” tutur dr Tirta.

dr Tirta

Untuk meminimalisir penularan virus di ruangan tertutup tanpa ada ventilasi, dr Tirta menggunakan sebuah mesin canggih yaitu air purifier yang berfungsi untuk membersihkan udara di sebuah ruangan. Mesin air purifier dapat menghilangkan polusi karena debu, kuman, bakteri, dan partikel lainnya sehingga cocok digunakan di ruangan indoor.

Menurut penelitian yang disebarkan oleh dr. Adam Prabata, air purifier HEPA (high-efficiency particulate absorbing) filter dapat menurunkan risiko paparan aerosol simulasi Covid-19 di ruangan indoor hingga 65%. Jika seseorang menggunakan masker di ruangan yang dilengkapi air purifier HEPA filter, maka resiko menurun hingga 90%.

Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini