Dari Buka Bioskop hingga Perkantoran, Ini 5 Kebijakan Terbaru PPKM

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 20 September 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 612 2474192 dari-buka-bioskop-hingga-perkantoran-ini-5-kebijakan-terbaru-ppkm-WNZcz8RAOP.jpg Ilustrasi Bioskop. (Foto: Okezone)

JUMLAH kasus positif harian Covid-19 memang telah mengalami penurunan. Meski demikian, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan tidak merasa sudah aman dari Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan pemerintah akan mulai mencoba membuka kembali sejumlah ruang dan fasilitas publik seiring dengan menurunnya angka kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

“Seiring dengan kondisi Covid-19 yang semakin membaik, serta implementasi protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terus berjalan ada beberapa penyesuaian dan pengetatan masyarakat yang masih terus dilakukan dalam periode minggu ini,” kata Menko Luhut dalam sesi jumpa pers secara virtual di channel YouTube Sekertariat Presiden, Senin (20/9/2021),

Adapun penyesuaian yang akan dilakukan oleh pemerintah mencakup lima point utama, diantaranya adalah:

1. Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan mall bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orangtua yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta, dan Surabaya.

2. Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50% pada kota-kota di wilayah level 3 dan 2, namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat. Area kuning dan hijau boleh memasuki area bioskop.

3. Pembukaan pelaksanaan pertandingan Liga 2 akan digelar di kota kabupaten level 3 dan 2 dengan maksimal 8 pertandingan per minggu.

4. Restoran di fasilitas olahraga yang sifatnya outdoor dapat beroperasi dengan kapasitas 50%.

5. Perkantoran non esensial di kabupaten kota level 3 dapat melakukan 25% work from office bagi pegawai yang sudah divaksinasi dan harus sudah memakai QR code PeduliLindungi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini