Hadapi Persaingan Kerja, Anak Muda Harus Punya Skill Entrepreneur

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 20 September 2021 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 612 2474237 hadapi-persaingan-kerja-anak-muda-harus-punya-skill-enterpreneur-7mIRJHdfcP.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MENGHADAPI persaingan dunia kerja, terutama di masa pandemi, anak muda perlu menambah skill baru. Salah satunya yakni mendapat bekal wirausaha.

Praktisi Pendidikan Fendy Julianto mengatakan, pembekalan ini memudahkan anak muda untuk berbuat sesuatu hal baru. Risiko jadi pengangguran pun bisa diminimalisir.

"Mahasiswa yang akan dibekali keterampilan entrepreneur, akan bekerja juga mempunyai jiwa wirausaha. Bahkan mereka mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri," kata pria yang juga Dewan Direksi Politeknik dari Yayasan Nest Bina Karya.

Anak Muda

Para tenaga pendidik yang ahli di bidangnya dan para praktisi lainnya bisa membantu mereka. Selain itu, peran orangtua juga diperlukan agar mereka tetap mandiri.

"Sehingga semua lulusan SMA/SMK berkuliah dan setelah lulus mahasiswa dapat berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang banyak untuk mencapai Indonesia emas 2045," ujarnya.

Baca Juga : Pandemi Harus Bikin Anak Muda Makin Kreatif dan Sebar Kebaikan

Di samping itu, orangtua juga perlu tahu jika anaknya sudah mampu berwirausaha. Salah satunya yakni bisa melatih kemandirian anak.

Ya, anak akan bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri ketika membuka usaha sendiri. Mereka tidak lagi bergantung pada orang lain.

Selain itu, waktu untuk keluarga pun akan lebih banyak. Tentu banyaknya waktu untuk berkumpul bersama keluarga bisa menambah kebahagiaan dalam hidup. Sangat menyenangkan bukan?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini