Ingin Main ke Mal dan Bioskop, Patuhi Yuk 8 Prokes Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 20 September 2021 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 612 2474318 ingin-main-ke-mal-dan-bioskop-patuhi-yuk-8-prokes-ini-VYfPnvV8ND.jpg Pakai masker (Foto: Marie Claire)

RUPANYA Level PPKM di berbagai daerah di Indonesia mulai diturunkan, dan sejumlah destinasi wisata dibuka bertahap termasuk mal dan bioskop kini sudah mulai beroperasi kembali.

Namun sebelum Anda memasuki mal atau bioskop diperlukan mempersiapkan persyaratan, agar Anda tetap aman dan nyaman.

"Meski pembukaan bioskop telah diberlakukan, namun disertai dengan beberapa syarat. Misalnya kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota (yang menerapkan PPKM) Level 3 dan Level 2. Kemudian penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (30/9/21).

Berikut persyaratan sebelum Anda masuk ke mall atau bioskop:

 aplikasi peduli lindungi

1. Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi PeduliLindungi kini diwajibkan bagi Anda yang ingin memasuki mall dan bioskop. Hal ini guna membantu pemantauan atau tracing, jika Anda berada di kawasan rawan tertular Covid-19.

Caranya, download aplikasi PeduliLindungi di store masing-masing handphone. Setelah itu registrasi, maka data Anda akan terbaca semua, mulai dari sertifikat vaksin, hingga pemantauan lokasi yang saat ini sedang dikunjungi.

Nah sebelum masuk ke dalam mall atau bioskop, Anda cukup scane ke barcode yang sudah tersedia untuk login. Setelah Anda selesai masuk, bisa langsung logout, yakni menyatakan bahwa Anda sudah tidak berada di dalam.

2. Tetap pakai masker

Setiap orang, setiap pengunjung tidak terkecuali siapapun yang datang ke mal wajib menggunakan masker sebagai salah satu alat pelindung diri.

3. Cek Suhu tubuh

Setiap pengunjung di mal, ketika sampai di lobi depan, pintu masuk mal akan langsung diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas dengan menggunakan thermo gun.

4. Jaga Kebersihan Tangan

Para pengunjung mal harus memastikan kedua tangannya selalu steril. Salah satunya dengan menggunakan hand sanitizer saat masuk di pintu depan mal.

5. Hindari keramaian

Jaga alur masuk dan keluar, hindari berdesakan atau keramaian dengan orang lain.

6. Jaga jarak

Setiap pengunjung mal wajib untuk selalu menjaga jarak dalam situasi apapun. Baik itu saat berkeliling toko melihat-lihat barang ataupun saat berada di dalam lift dengan pengunjung lain.

 

7. Minimalisasir transaksi tunai

Sebisa mungkin hindari kontak fisik dengan para pegawai mal, termasuk kasir saat melakukan transaksi. Maka dari itu agar aman, sebaiknya ketika berbelanja di mal Anda sudah menyiapkan alat pembayaran digital. Sehingga pembayaran hanya tinggal memindai kode barcode dari ponsel.

8. Disiplin

Tips terakhir, setiap orang diimbau untuk disiplin melakukan protokol pencegaha virus corona. Contohnya perilaku hidup sehat dengan rajin mencuci tangan pakai air dan sabun selama minimal 20 detik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini