Vaksin Covid-19 untuk Balita Usia 6 Bulan Bakal Hadir November?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 612 2474338 vaksin-covid-19-untuk-balita-usia-6-bulan-bakal-hadir-november-iYpibQWiUC.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

INDONESIA memang tengah menggencarkan pemberian vaksin Covid-19 pada masyarakat. Hal ini dilakukan agar terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di masyarakat.

Cakupan vaksin pun semakin diperluas, dari awalnya mereka yang berusia 17 tahun ke atas, menjadi 12 tahun ke atas. Tapi, studi pengembangan vaksin menyebut balita usia 6 bulan pun bisa mendapat vaksin ke depannya.

Dijelaskan oleh dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, vaksin Covid-19 produksi Moderna memang tengah diteliti untuk anak balita. Dalam paparannya di Instagram @drjeffaloys, dr. Jeff menjelaskan studi vaksin Moderna untuk anak usia 6-11 tahun memang masih dilakukan, sehingga belum ada hasil pasti.

"Kita juga masih menunggu studinya yang bernama KidCOVE itu pada anak-anak usia 6 bulan sampai 11 tahun, jadi sangat panjang sekali rentang usianya," kata dia lewat pesan singkatnya kepada Okezone.

Adapun vaksin untuk anak-anak tersebut, akan terbagi pada 3 fase. Pertama, adalah anak-anak dengan usia kurang lebih 6 tahun sampai 11 tahun. Sementara fase kedua, yakni anak-anak usia di antara 2 hingga 6 tahun, dan yang terakhir adalah anak usia 6 bulan sampai 2 tahun. "Studi ini mencari keamanan dan efikasi vaksin Covid-19 untuk usia-usia tersebut," jelas dia.

Menurutnya, jika memang studi KidCove Moderna ini sudah selesai maka bukan tidak mungkin balita akan bisa di-cover dengan Moderna. "Dan jika studi ini hasilnya keluar, ini bisa jadi panduan BPOM RI sehingga balita kita bisa divaksinasi," tutur dokter Jeff.

Lantas, pertanyaan selanjutnya adalah kapan studi tersebut akan selesai? "Masih diteliti, kira-kira hasil studi KidCove keluar pada November 2021," tukas dia.

Di dunia, Kuba adalah satu-satunya negara yang memberikan vaksin ke anak-anak golongan usia sangat muda. Mengutip Chanel News Asia, Kuba dilaporkan akan memulai memberikan vaksin Covid-19 pada anak-anak dari usia 2 tahun.

Pemberian vaksin Covid-19 pada anak-anak dimulai dari usia 2 tahun tersebut, disebutkan akan menggunakan vaksin Covid-19 buatan Kuba sendiri Abdala dan Soberana, yang mana tidak diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Setelah menyelesaikan uji klinis pada anak di bawah umur dengan vaksin Abdala dan Soberana, Kuba akhirnya memutuskan untuk memulai vaksinasi untuk anak-anak pada hari Jumat 3 September lalu dimulai dengan anak-anak berusia 12 tahun ke atas. Lalu pada Senin 6 September kemarin, vaksin Covid-19 mulai didistribusikan pada kelompok usia anak-anak 2-11 tahun di Provinsi Cienfuegos.

Vaksin Covid-19 buatan Kuba, dibuat dengan didasarkan pada teknologi protein rekombinan, platform yang sama seperti yang digunakan oleh vaksin Novavax dari Amerika Serikat dan Sanofi dari Prancis yang saat ini diketahui tengah menunggu persetujuan dari WHO.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini