6 Gejala Rosacea, Penyakit Maia Estianty yang Belum Ditemukan Obatnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 481 2474438 6-gejala-rosacea-penyakit-maia-estianty-yang-belum-ditemukan-obatnya-MCRvV4N20M.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

ARTIS Maia Estianty belum lama ini mengakui bahwa dirinya mengidap penyakit kulit yang disebut Rosacea. Akibat penyakit tersebut, istri Irwan Musrry itu memiliki bintik menyerupai jerawat dan mampu membuat kulit menjadi kemerahan.

Penyakit yang dialami Maia tersebut sebenarnya bukan hal baru dalam dunia medis. Merangkum dari Mayo Clinic, Senin (20/9/2021), rosacea adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan merona atau kemerahan dan pembuluh darah terlihat di wajah.

Penyakit ini juga dapat menghasilkan benjolan kecil berisi nanah. Tanda-tanda dan gejala ini dapat muncul selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dan kemudian hilang untuk sementara waktu. Rosacea kerap dianggap sebagai jerawat, masalah kulit lainnya, atau kemerahan alami.

Rosacea dapat menyerang siapa saja. Tapi, penyakit ini paling sering menyerang pada wanita berkulit putih di usia paruh baya. Saat ini tidak ada obat untuk rosacea, tetapi pengobatan dapat mengontrol dan mengurangi tanda dan gejala. Berikut gejala-gejala rosacea yang wajib diwaspadai.

1. Wajah memerah

Gejala Rosacea

Rosacea dapat menyebabkan rona merah atau kemerahan terus-menerus di bagian tengah wajah. Jika seseorang memiliki kulit berwarna, area yang terkena mungkin menunjukkan bercak kulit yang lebih gelap atau perubahan warna coklat kehitaman.

Baca Juga : Curhat Maia Estianty Punya Masalah Kulit Rosacea: Mungkin Enggak Bisa Disembuhin

2. Vena yang terlihat

Pembuluh darah kecil di hidung dan pipi seseorang akan pecah dan menjadi terlihat.

3. Benjolan atau bengkak

Banyak orang yang menderita rosacea juga memiliki benjolan pada wajah mereka yang menyerupai jerawat. Benjolan ini terkadang berisi nanah.

4. Sensasi terbakar

Kulit daerah yang terkena rosacea mungkin akab terasa panas dan menjadi sensitif.

5. Masalah mata

Banyak orang yang menderita rosacea juga mengalami mata dan kelopak mata yang kering, iritasi, bengkak. Ini dikenal sebagai rosacea okular. Pada beberapa orang, gejala pada mata mendahului gejala kulit.

6. Ukuran hidung membesar

Seiring waktu, rosacea dapat menebalkan kulit di hidung, menyebabkan hidung tampak bulat (rhinophyma). Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini