Liburan Sambil Wisata Olahraga Golf #DiIndonesiaAja

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Rabu 22 September 2021 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 12 2475333 liburan-sambil-wisata-olahraga-golf-diindonesiaaja-d5h4qgnCiU.jpg Foto: Dok Wonfulimage.id

Dahulu sebelum masa pandemi, ketika berwisata #DiIndonesiaAja mungkin Anda sudah mencoba kuliner kekinian serta datang ke tempat-tempat hits terbaru. Kini biar makin asyik, Anda bisa melengkapi pengalaman liburan sambil berwisata olahraga dengan mencoba olahraga populer #DiIndonesiaAja namun ketika situasi telah membaik, ya!

Nah, Anda bisa mencoba wisata olahraga golf, lho! Meski ada yang beranggapan bahwa olahraga ini tak terlalu banyak menggunakan kekuatan fisik, ternyata olahraga golf tetap menguras tenaga, sehingga cocok menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Rutin melakukan olahraga golf dapat mengurangi risiko berbagai penyakit. Selain itu, jenis olahraga ini juga sangat baik untuk memberikan stimulasi pada otak dan mengurangi stres. Beberapa rekomendasi tempat golf yang sudah mengantongi sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) ini bisa Anda kunjungi #DiIndonesiaAja, sehingga pengalaman liburan Anda makin seru juga menyehatkan. Ingin referensi liburan seru dan sehat lainnya #DiIndonesiaAja? Yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel!

Berikut rekomendasi liburan sambil wisata olahraga golf yang bisa Anda coba ketika situasi sudah membaik, ya!

1. Araya Golf, Malang, Jawa Timur

 

Foto. Instagram @banu6186

Araya Golf merupakan tempat rekreasi khususnya bagi warga Kota Malang, dan bagi wisatawan dari daerah lain yang ingin wisata olahraga golf. Lapangan golf ini dibangun di atas tanah berkontur cukup curam di antara bukit dan lembah, sehingga konturnya berpadu dengan sungai kecil yang dalam. Hal ini yang menjadi tantangan bagi para pegolf untuk menaklukkannya.

Pemandangan spektakuler bukit dan lembah dengan latar belakang Kota Malang bisa dinikmati sepanjang Anda bermain golf. Dengan adanya 18 holes, padang golf memperkokoh citra Araya sebagai satu-satunya tempat golf di Kota Malang yang mempunyai padang golf dengan standar internasional.

Beberapa spot juga menawarkan kenyamanan sembari memukul bola. Tak lupa, setelah bermain golf, aneka hidangan kuliner khas Malang juga siap memuaskan perut Anda, seperti bakso Malang, bakso bakar, orem-orem, ketan topping, mendol, dan lainnya. Biar mudah dan cepat bisa juga pesan online seperti di @baksokotacakman_malang atau @ngalamkuliner.

2. New Kuta Golf, Badung, Bali

 

Foto. Instagram @newkutagolf

New Kuta Golf berlokasi di Pecatu, Kabupaten Badung, merupakan salah satu objek wisata olahraga golf di Bali bertaraf internasional yang bisa Anda kunjungi.

New Kuta Golf merupakan tempat untuk bermain golf yang menyediakan berbagai kelebihan, seperti fasilitas clubhouse megah dengan restoran yang diperuntukkan bagi pegolf usai menjalankan putaran, tersedia pula pro shop yang menjual perlengkapan, aksesori, serta pakaian dari brand ternama sesuai kebutuhan pegolf, hingga ada juga driving range yang terbentang sejauh 250 meter.

Saat berada di New Kuta Golf yang terletak di bukit Peninsula, Anda bisa menikmati suguhan pemandangan Samudra Hindia dan sunset yang indah sambil berolahraga golf.

New Kuta Golf dilengkapi dengan beragam fasilitas diantaranya club house megah dengan restoran yang ideal bagi pegolf usai berolahraga. Kuliner khas Bali juga bisa menemani Anda setelah bermain golf dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku usaha lokal, seperti nasi jinggo dari @royaljinggo.

3. Bukit Pandawa Golf & Country Club, Badung, Bali

 

Foto. Instagram @bukitpandawagolf

Bukit Pandawa Golf & Country Club terletak di tebing kapur yang memiliki pemandangan Bukit Peninsula dengan Samudra Hindia sebagai latar belakangnnya. Tatanan rumput golf yang sangat terawat dan rapi membuat nyaman para golfer yang bermain di tempat ini. Anda bebas memilih 18 holes, 27 holes, atau 36 holes.

Bukit Pandawa Golf & Country Club merupakan salah satu fasilitas dari kawasan resor mewah terintegrasi dengan luas 150 hektar di Kabupaten Badung, Bali. Pemain akan merasakan tantangan yang luar biasa dengan venue yang berisi hutan, danau buatan, dan kontur naik turun.

Kuliner khas Bali jangan Anda lewatkan untuk mengusir rasa lapar setelah melakukan olahraga golf, seperti sate lilit di pelaku usaha lokal @satelilitbal1.

4. Handara Golf & Resort, Buleleng, Bali

 

Foto. Instagram @karlajasmina

Handara Golf & Resort Bali adalah lapangan golf dan resor di daerah pegunungan. Menawarkan lapangan golf kelas dunia dalam pengaturan yang megah, akomodasi hotel, gazebo yang nyaman, serta pengalaman bersantap yang menyenangkan merupakan beberapa fasilitas yang ada di tempat ini.

Datang dan alami keajaiban alam yang menampilkan taman tropis yang rimbun, cuaca sejuk, dan pemandangan gunung yang menakjubkan. Tempat yang sempurna bagi Anda yang ingin melarikan diri dari keramaian dan hiruk pikuk kota.

Handara Golf & Resort Bali di Pancasari Buleleng ini dirancang dengan 18 lubang yang terletak di dataran tinggi sekitar 1.142 mdpl, sehingga berhawa sejuk dan menjadi satu lapangan golf tertinggi di Indonesia.

Saat ini yang menjadi daya tarik wisata lainnya di Handara Golf & Resort Bali adalah pintu gerbang utamanya, yang sering digunakan sebagai spot foto dengan panorama gapura yang instagramable.

Selepas wisata olahraga golf di tempat ini, sempatkan waktu dengan mencicipi kuliner khas Bali, seperti bebek bengil di @bebekbengilrestaurant.

5. Lombok Golf Kosaido, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

 

Foto. Instagram @jalanjalanlombokk

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki lokasi golf andalan yakni Lombok Golf Kosaido. Lapangan Lombok Kosaido Golf merupakan salah satu lapangan golf terbaik di Lombok dengan standar internasional.

Lapangan golf ini terletak di Jalan Tanjung Sire, sebelah barat laut Pulau Lombok. Ketika bermain golf di tempat ini, para pegolf akan disuguhi pemandangan Pulau Gili di sebelah barat dan Gunung Rinjani di sebelah timur laut.

Layout lapangan yang dibiarkan alami dengan permukaan rumput bermuda yang berombak-ombak serta lubang yang memiliki kedalaman dan ukuran yang bervariasi, membuat pengalaman bermain golf di tempat ini tak mudah dilupakan. Belum lagi adanya hembusan angin laut serta jajaran pohon kelapa di sekitar lapangan membuat pegolf harus benar-benar fokus ketika memukul bola.

Selain bermain golf, Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Sire Medana yang ada di dekat lapangan Lombok Golf Kosaido. Pemandangan yang indah serta kontur lapangan yang menantang, membuat lapangan golf ini layak dipertimbangkan sebagai alternatif pilihan wisata olahraga selain berselancar dan menyelam jika Anda berkunjung ke Lombok nanti.

Kuliner khas Lombok yang lezat juga wajib Anda konsumsi setelah melakukan wisata olahraga golf. Dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku usahanya, seperti ayam taliwang, sate rembiga, nasi puyung, atau plecing kangkung. Untuk pesan online bisa melalui @nakiamarket atau @resto_saterembiga, ya!

Beberapa pilihan lokasi wisata olahraga golf #DiIndonesiaAja yang disebutkan di atas, bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu berlibur ketika keadaan berangsur membaik. Saat berwisata nanti, Anda tetap wajib menaati panduan berlibur saat pandemi dan disiplin protokol kesehatan, ya!

Dengan kesadaran akan protokol kesehatan dan implementasi aspek-aspek #InDOnesiaCARE yang dilakukan pada sektor pariwisata, tentu sangat berarti bagi percepatan pemulihan sektor ini. Upaya ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dan stakeholder pariwisata dalam rangka World Tourism Day pada 27 September 2021 mendatang.

 

Foto. Wonderfulimage.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan olahraga telah menjadi salah satu sarana untuk mengundang kunjungan wisatawan dari mancanegara sekaligus sebagai pengembangan sport tourism. Beberapa event golf juga telah dikemas sebagai industri hiburan yang memberikan tontonan yang menarik untuk para wisatawan.

“Golf mengajak masyarakat bergaya hidup sehat karena dapat membuat kita berkeringat. Olahraga juga jadi bagian yang bisa menyembuhkan keluhan pada tubuh kita. Semua kita lakukan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin, yang kita praktikkan sendiri saat kita olahraga. Kita harapkan setiap kegiatan bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik” ucapnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, berinovasi, dan disiplin mengimplementasikan aspek #InDOnesiaCARE pada sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19 ini.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk berwisata olahraga golf #DiIndonesiaAja, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, buruan ikutan!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini