8 Bawaan Hamil Bayi Perempuan, Lengkap dengan Mitos dan Faktanya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 481 2475193 8-bawaan-hamil-bayi-perempuan-lengkap-dengan-mitos-dan-faktanya-MRY5zaXUQP.jpg 8 bawaan hamil bayi perempuan (Foto: Boldsky)

ADA 8 bawaan hamil bayi perempuan yang masih menjadi kepercayaan turun-temurun. Ada beberapa anggapan menyatakan, ibu hamil yang terlihat lebih cantik dari biasanya diartikan sedang mengandung anak bayi perempuan. Sedangkan ibu hamil yang lebih cuek soal penampilan dipercaya tengah mengandung bayi laki-laki.

Hal semacam ini akan selalu menarik untuk dibahas. Tapi, apakah memang bawaan hamil bayi perempuan itu memang ada?

Secara medis, pembahasan ini diterangkan secara gamblang di laman Medical News Today. Laporan mereka mengungkapkan ada beberapa tanda yang bisa dikenali jika si ibu sedang hamil bayi perempuan. Berikut selengkapnya:

1. Tak enak badan di pagi hari

8 bawaan hamil bayi perempuan

(8 bawaan hamil bayi perempuan, Foto: Boldsky)

Mual di pagi hari kerap diartikan sebagai tanda memiliki anak perempuan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa merasa sakit pada waktu tertentu selama kehamilan mungkin ada kaitannya dengan jenis kelamin bayi.

"Studi yang dilakukan pada 2017 menemukan bahwa perempuan yang mengandung anak perempuan lebih mengalami banyak peradangan ketika sistem kekebalan mereka terkena bakteri, dibandingkan mereka yang mengandung bayi laki-laki," terang laporan tersebut, dikutip Rabu (22/9/2021).

2. Alami ekstrem mood swing

Perubahan suasana hati atau mood swing ekstrem kerap dikaitkan juga dengan bayi perempuan. Beberapa orang percaya ini ada hubungannya dengan kadar estrogen yang meningkat selama kehamilan bayi perempuan.

Sayangnya penelitian tidak membuktikan hal itu. Tingkat hormon naik selama kehamilan, dan turun setelah melahirkan. Ini tidak ada kaitannya dengan jenis kelamin bayi yang dikandung.

Baca Juga : 5 Olahraga untuk Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Amannya

3. Berat badan naik di trimester kedua

Kepercayaan lainnya adalah si ibu yang mengandung bayi perempuan akan mengalami peningkatan berat badan di trimester kedua. Tapi, kalau kenaikan berat badan terjadi sejak awal kehamilan, ada kepercayaan yang menyatakan itu bayi laki-laki.

Penelitian ilmiah tidak bisa membuktikan hal ini. Ilmu medis percaya bahwa ketika perempuan hamil mengalami kenaikan berat badan, itu tergantung pada tipe tubuhnya, bukan jenis kelamin bayi yang dikandung.

Baca Juga : Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil agar Aman dan Nyaman

4. Perut hamil sangat besar

Ya, jika saat hamil perut si ibu sangat besar, banyak dikaitkan kalau ia tengah mengandung bayi perempuan. Teori ini tidak ada dasar ilmiahnya.

Sebab, perempuan hamil perutnya akan sangat besar itu tergantung pada tipe badan, penambahan berat badan selama hamil, dan tingkat kebugaran, serta kekuatan otot tubuh si perempuan.

5. Ngidam makanan manis

Beberapa orang berpikir, perempuan hamil ngidam sesuatu yang manis artinya ia mengandung anak perempuan. Beda dengan anak laki-laki, biasanya si ibu akan ngidam makanan asin. Tapi, teori ini pun tidak ada sadar ilmiahnya.

6. Gampang stres

8 bawaan hamil bayi perempuan

(8 bawaan hamil bayi perempuan, Foto: Boldsky)

Ibu hamil yang gampang stres dikaitkan dengan mengandung anak perempuan. Teori ini ternyata mendasar dan dibuktikan dalam studi ilmiah.

Ya, dalam penelitian yang dilakukan 2012, ilmuwan menemukan bahwa ada hubungan antara kadar hormon stres kortisol dengan rasio kelahiran bayi laki-laki dan perempuan. Jadi, ketika si ibu sangat gampang stress, yang artinya kadar kortisolnya tinggi, secara statistik ia lebih mungkin mengandung anak perempuan.

7. Kulit lebih berminyak dan rambut kusam

Ada yang beranggapan bahwa ibu hamil yang rambutnya kusam dan kulitnya jadi sangat berminyak artinya ia sedang mengandung bayi perempuan. Teori ini sangat tidak ilmiah.

"Produksi minyak atau penampilan rambut selama kehamilan lebih mungkin berhubungan dengan perubahan hormonal atau perubahan pola makan, bukan dipengaruhi oleh bayi yang dikandung," ungkap laporan tersebut.

8. Detak jantung bayi cepat

Beberapa orang percaya bahwa jika jantung bayi berdetak cepat, itu artinya bayi perempuan yang sedang dikandung. Namun, para peneliti menyatakan dengan tegas itu adalah mitos.

"Tidak ditemukan fakta ilmiah yang menyatakan bahwa ada hubungan antara detak jantung dengan bayi laki-laki atau perempuan yang sedang dikandung," tambah laporan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini