10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 611 2475253 10-cara-menghilangkan-jerawat-batu-yang-membandel-kECBgz5YaE.jpg 10 cara menghilangkan jerawat batu (Foto: Boldsky)

ADA 10 cara menghilangkan jerawat batu yang suka bikin sebal. Karena, jerawat batu dapat mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri bagi sebagian orang.

Umumnya jerawat batu muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh kelebihan produksi minyak dan sel kulit mati yang menumpuk. Pori-pori yang tersumbat ini dipenuhi nanah dan bakteri sehingga mengakibatkan peradangan.

Jerawat baru seringkali dikaitkan dengan meningkatnya hormon, seperti testosterone yang memicu produksi sebum berlebih. Ini sebabnya jenis jerawat ini lebih sering terjadi pada masa pubertas, jelang menstruasi, kehamilan, atau perimenopause.

Bila sudah mengalami jerawat batu, sebaiknya Anda para wanita menghindari penggunaan makeup sehingga tidak membuat kondisinya semakin parah. Untuk mengobati masalah jerawat batu, berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat batu seperti dilansir Allure:

Mulailah dengan asam salisilat

10 cara menghilangkan jerawat batu

(10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Foto: Boldsky)

Jenis obat tradisional kurang ampuh dalam mengobati masalah jerawat batu. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Dituturkan dermatologist yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Joshua Zeichner, kandungan asam salisilat berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah dan menghilangkan masalah jerawat batu. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah kering, bisa menggunakan pembersih yang mengandung salisilat pada area wajah yang berjerawat.

2. Atasi pembengkakan

Anda bisa menggunakan es batu untuk mengatasi jerawat yang membengkak. Bungkus beberapa buah es batu dalam handuk, lalu terapkan pada area yang berjerawat. Cara ini bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat baru. Anda bisa melakukan cara ini dalam interval 10 menit.

Baca Juga : 4 Cara Atasi Kulit Kering Berjerawat, Praktis dan Efektif Lho

3. Membunuh bakteri

Kandungan benzoil peroksida dalam obat jerawat berfungsi untuk menghancurkan bakteri penyebab jerawat yang terjebak dalam folikel sehingga menimbulkan peradangan. Agar tidak terjadi iritasi, oleskan pelembap terlebih dulu. “Bila ada rasa terbakar atau menyengat saat pengaplikasian, Anda tahu perlu mencucinya,” kata Zeichner.

4. Gunakan tea tree oil

Kandungan anti mikorba di dalamnya berguan untuk mengurangi masalah jerawat. Cara pengaplikasiannya, pastikan campurkan tea tree oil dengan sedikit air. Mengaplikasikannya pada kulit wajah secara langsung bisa menyebabkan iritasi.

5. Pakai aspirin dan air hangat

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, MD, kandungan asam salisilat tidak sepenuhnya menghilangkan minyak pada kulit wajah. Caranya, hancurkan aspirin dan tambahkan air hangat. Setelah menjadi pasta, aplikasikan pada kulit yang berjerawat.

6. Kunyit dan yoghurt

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt membantu pengelupasan kulit secara ringan agar tetap bersih dan bebas jerawat untuk waktu yang lama.

Caranya, campurkan 2 sdt yoghurt dan 1/2 sdt kunyit. Aplikasikan pada setiap jerawat yang ada, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air mengalir.

7. Masker madu dan kunyit

Menurut dokter kulit, masker madu dan kunyit terbukti ampuh untuk mengatasinya. Campurkan setengah sendok teh kunyit yang sudah halus dan satu sendok makan madu. Aplikasikan dalam keadaan kulit wajah yang basah, diamkan selama 5 menit.

Kunyit memiliki kandungan anti pembengkakan, sementara madu memiliki kandungan antimikroba. Kedua bahan ini bisa mengurangi ukuran dan masalah jerawat.

8. Jangan pencet jerawat

10 cara menghilangkan jerawat batu

(10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Foto: Boldsky)

Memencet dan mengeluarkan jerawat dapat menyebabkan masalah menjadi lebih buruk. Area yang terkena bisa menjadi merah, sakit dan terlihat lebih buruk dari sebelumnya. Memecahkan jerawat juga akan merusak kulit, sehingga ketika area tersebut sembuh maka bekas luka mungkin akan tertinggal.

9. Rajin mencuci muka dan menggunakan krim

Cara termudah untuk menyembuhkan kasus jerawat ringan adalah dengan menggunakan pencuci wajah atau krim jerawat. Pembersih ini akan menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit dan mengeringkan area yang terkena. Krim memiliki bahan aktif melawan jerawat, sehingga sebagian besar kasus ringan mudah diobati.

10. Pakai es batu

Kamu juga bisa membungkus es batu dengan handuk lalu terapkan pada kulit yang berjerawat. Cara pengaplikasiannya, cukup tekan selama beberapa menit. Jangan terlalu kencang karena bisa melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini