WHO: Covid-19 Bisa Dikalahkan dengan Bantuan Kemanusiaan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 612 2475261 who-covid-19-bisa-dikalahkan-dengan-bantuan-kemanusiaan-f48D81ZYaJ.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

BADAN Kesehatan Dunia (WHO) meminta kepada negara-negara yang memiliki pasokan vaksin untuk mau berbagi kepada negara-negara lain yang membutuhkan. Penyebaran vaksin memang dibutuhkan jika ingin menekan penyebaran virus antar-manusia.

"Intinya adalah bagaimana kami menggunakan alat yang kami miliki untuk mencegah infeksi terjadi dan menyelamatkan nyawa manusia," kata dr Maria Van Kerkhove, pemimpin teknis Covid-19 WHO untuk Covid-19, dikutip dari laman resmi WHO, Rabu (22/9/2021).

Dia melanjutkan, WHO akan terus mewaspadai segala macam kemungkinan ancaman dan melakukan apa yang bisa dilakukan untuk tidak hanya menjamin kesetaraan vaksin di seluruh dunia, tetapi untuk memastikan penyebaran virus tak terjadi lagi.

"Saya atas nama pribadi berpikir bahwa kami bisa dan negara-negara sudah membuktikan bahwa itu bisa dilakukan. Kita kalahkan pandemi dengan bantuan kemanusiaan," tambahnya.

Sementara itu, beberapa negara dengan pasokan vaksin banyak mulai saling membantu negara lain yang membutuhkan. Banyak sekali contohnya, tapi yang belum lama ini dilakukan adalah pengiriman 23 metrik ton obat-obatan dan alat kesehatan dari WHO yang tiba di Kabul, Afghanistan.

"Ini adalah salah satu bantuan kemanusiaan pertama yang tiba di Afghanistan sejak operasional negara tersebut terganggu pada Agustus kemarin. Kiriman tersebut diangkut Qatar Airways," tambah laporan WHO.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini