Share

Unik, Kuliner Ini Hanya bisa Anda Temui di Kepulauan Seribu

Karina Asta Widara , Jurnalis · Kamis 23 September 2021 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 12 2475973 unik-kuliner-ini-hanya-bisa-anda-temui-di-kepulauan-seribu-Ye26zyX86w.jpg Foto: kepulauan Seribu.co.id

Saat traveling, setiap orang memiliki tipe yang berbeda-beda. Ada yang lebih menyukai sejarah, keindahan alam, atau bahkan ada yang berwisata hanya untuk menikmati kuliner khas daerah wisata. Nah, bicara soal kuliner tentu nama Kepulauan Seribu tidaklah asing di telinga. Ya, gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta ini tidak hanya memiliki pesona keindahan alamnya, tetapi juga kulinernya yang belum banyak orang tahu.

Selain punya cita rasa yang lezat, kuliner khas Kepulauan Seribu juga punya nama yang cukup unik. Jika Anda berencana traveling bersama keluarga nanti, Kepulauan Seribu bisa jadi bucket list liburan seru bersama keluarga tercinta, lho! Selain jaraknya yang dekat dengan Ibu Kota, liburan ke Kepulauan Seribu juga cukup terjangkau.

Tapi perlu diingat juga, sebelum Anda merencanakan liburan bersama keluarga, jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M dan pastikan Anda sudah melakukan vaksinasi, ya! Sehingga ketika sudah waktunya Anda berlibur ke berbagai tempat wisata yang sudah mulai dibuka secara bertahap, akan lebih terasa aman dan nyaman.

Yuk, simak makanan khas Kepulauan Seribu yang sudah okezone rangkum untuk Anda!

1. Kue Selingkuh

 

Foto: Kreasimasakan.com

Mendengar namanya saja mungkin Anda akan merasa heran. Eits, tapi jangan salah, kue satu ini paling popular di Kepulauan Seribu, lho! Ya, kudapan satu ini merupakan jenis lontong atau arem-arem berbahan dasar beras kemudian diaroni dengan santan kelapa yang diisi tumbukan ikan lalu dibalut dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Kue selingkuh memiliki rasa yang asin, gurih, dan sangat nikmat jika disantap selagi hangat.

Alasan di balik nama kue ini tidak lain karena pada zaman dahulu orang-orang dari pulau ini melaut hingga perairan luar Pulau Jawa, sehingga menghabiskan waktu yang cukup lama. Sebelum sang suami berangkat, istri mereka biasanya membekali suami dengan kudapan satu ini dan ada pesan penting di balik kue ini yakni, suami jangan main-main dengan wanita lain saat tiba di wilayah orang. Oow!

Nah, jika Anda penasaran dengan kudapan satu ini, Anda bisa datang langsung ke beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu untuk menikmatinya. Namun, selain menikmati sajian kulinernya, Anda juga bisa sambil menikmati beragam destinasi wisata yang ada di Kepulauan seribu. Seperti di Pulau Puteri, disana terdapat akuarium ikan hias, akuarium bawah laut, lapangan tenis, habitat biawak, dan kebun binatang mini. Seru bukan?

Tapi, jika Anda masih #DiRumahAja, selain Anda bisa membuatnya sendiri, Anda juga dapat #BeliKreatifLokal kudapan ini secara online melalui aplikasi pesan antar yang ada di ponsel Anda.

2. Maco

 

Foto: Selerarasa.com

Kuliner unik lainnya yang ada di Kepulauan Seribu bernama maco. Sekilas jika melihat tampilan dari kue ini seperti onde-onde. Namun, ternyata berbeda, lho! Kue maco tidak memiliki rasa yang manis melainkan rasa asin, karena isi dari kue maco ini adalah abon yang terbuat dari ikan laut.

Jika Anda ingin mencicipi bagaimana rasa dari kue maco ini, Anda bisa datang langsung ke kepulauan Seribu untuk menikmatinya. Jika sudah berkunjung, Anda juga bisa sekalian menikmati destinasi wisata yang ada di sana, seperti yang ada di Pulau Pelangi. Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan seperti, glass bottom boat, kano , banana boat, snorkeling, scuba dive, memancing, jogging, dan bersepeda santai.

Tapi, jika Anda masih #DirumahAja, Anda bisa juga membeli kudapan ini secara online di berbagai UMKM lokal yang ada #DiIndonesiaAja.

3. Puk Cue

 

Foto : Instagram @diahdidi

Jika di Pelembang ada empek-empek, di Kepulaun Seribu juga Anda bisa menemui jenis makanan yang mirip dengan empek-empek bernama puk cue.

Makanan ini juga dijuluki sebagai empek-empek Kepulauan Seribu karena berbahan dasar tepung terigu, sagu, dan ikan. Namun, jika empek-empek disajikan dengan cocolan kuah cuko, berbeda dengan puk cue yang disajikan dengan sambal kacang dengan rasa yang juga tidak kalah nikmat.

Nah, jika Anda ingin mencoba makanan satu ini, Anda bisa datang ke Pulau Panggang untuk menikmatinya. Tapi, selain bisa menikmati kulinernya, di Pulau Panggang, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru seperti, snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Namun, jika Anda belum mau keluar rumah, Anda bisa mencicipi kuliner satu ini yang dapat dibeli secara online di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja.

4. Sate Gepuk

 

Foto: Instagram @sw33tydee

Sate yang pada umumnya kita makan, biasanya dibuat dari daging sapi, kambing, atau ayam. Namun, berbeda dengan sate gepuk khas Kepulauan Seribu ini ternyata berbahan dasar ikan tongkol yang dihaluskan lalu dicampur bumbu dapur, gula, serta kelapa parut yang disangrai kemudian dibungkus dengan daun pisang seperti pepes, lalu dibakar hingga matang. Rasa dari sate gepuk ini campuran antara rasa pedas, asin, manis, dan gurih.

Yuk, rencanakan liburan Anda ke Kepulauan Seribu untuk menikmati lezatnya sate gepuk ini. Namun, jika Anda belum bisa keluar rumah, Anda bisa mencoba untuk membuat sendiri di rumah, jika tak ingin repot bisa membelinya secara online di berabagi platform digital.

Enggak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin menikmati desinasi seru sambil berolahraga air di Kepulauan Seribu, Anda bisa datang ke Pulau Sepa untuk menyelam, snorkeling, atau memancing. Sebab di Pulau Sepa menyediakan beragam fasilitas olahraga air dan penyewaan peralatan menyelam. Eits, saat meminjam alat tersebut dari jasa penyewaan, ada baiknya kamu memastikan bahwa alat-alat tersebut bersih dan aman untuk digunakan, ya!

5. Talam Ikan

 

Foto: resepkoki.id

Kue talam ikan merupakan kudapan favorit masyarakat Kepulauan Seribu. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang dikukus hingga memiliki tekstur seperti jeli, kemudian di atasnya ditaburi dengan abon ikan yang gurih.

Kudapan ini cocok dijadikan sebagai camilan pagi, siang, atau sore oleh masyarakat Kepulauan Seribu bersama keluarga tercinta. Jika Anda ingin mencicipi bagaimana rasannya, Anda bisa datang langsung ke Kepualauan Seribu tepatnya Pulau Pramuka, lalu bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai warung-warung di sana. Tapi, jika Anda masih #DirumahAja, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya secara online di berbagai UMKM yang ada #DiIndonesiaAja.

Nah, selain bisa menikmati lezatnya kue talam ikan di Pulau Pramuka, Anda juga bisa menikmati berbagai wisata seru dan tempat-tempat yang instragamable seperti, di spot penangkaran penyu, wisata pulau semak daun, hunting foto di pulau air kemudian menikmati cantiknya sunrise dan sunset di tepi pantai.

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata dan kuliner menarik yang bisa Anda coba bersama keluaga tercinta. Karena adanya pandemi Covid-19 tentu banyak rencana berwisata yang harus tertunda bahkan batal. Oleh karenanya, jangan lupa untuk terus menerapkan aspek-aspke #InDOnesiaCARE di dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Hal ini tentu sangat berarti bagi percepatan pemulihan dalam sektor ini, yang senada dengan momentum Hari Pariwisata Sedunia atau ‘World Tourism Day’ pada 27 September.

Seperti disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyatakan bahwa kekayaan kuliner di Indonesia sangatlah beragam. Berbagai daerah menyajikan kuliner yang lezat mencerminkan cita rasa asli Indonesia.

“Saya mengharapkan teman-teman bisa mengangkat keberagaman kuliner bangsa ke dunia. Kita harus merepresentasi diri kita melalui cita rasa Indonesia kepada bangsa lain di dunia. Ini adalah bagian dari gastrodiplomasi Indonesia Spice Up The World,” katanya.

 

Foto: Pulauseributraveling.com

Yuk, rencanakan liburan Anda ke Kepulauan Seribu, sebab ada kabar baik nih buat Anda yang sudah punya rencana mau liburan dalam waktu dekat ini, tempat wisata Kepulauan Seribu akan kembali dibuka pada pekan ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya menjanjikan wisata selam dapat dikecualikan dari pembatasan kegiatan seperti tercantum dalam instruksi mendagri tentang wisata tirta. Gumilar juga berpesan jika memang wisata selam dibuka kembali, penerapan CHSE (Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) yang sudah dibuat diberlakukan dengan maksimal.

Nah, sambil menunggu liburan tiba, ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan setiap hari Selasa yuk, pasti seru!

Caranya mudah, Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Lalu, jawab pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Mention juga tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini. Raih kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik. Semoga Anda yang beruntung ya!

Selain bisa mengikuti PUKIS, dengan follow akun Instagram @pesonaid_travel, Anda juga bisa mendapatkan beragam inspirasi seputar destinasi wisata dan produk kreatif lokal menarik yang ada #DiIndonesiaAja. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini