2 Tahun Mati Suri, JF3 2021 Bangkitkan Pelaku UMKM dari Tidur Panjang untuk Berkarya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 194 2475934 2-tahun-mati-suri-jf3-2021-bangkitkan-pelaku-umkm-dari-tidur-panjang-untuk-berkarya-X2OaI3ftFA.jpg JF3 membuat UMKM bangkit di tengah pandemi (Foto: Sukardi/MPI)

JAKARTA Fashion and Food Festival (JF3) kembali dihelat kembali setelah setahun vakum akibat pandemi Covid-19. Kehadiran event yang dahulu disebut juga JFFF ini cukup memberi dampak positif bagi pelaku UMKM.

Ya, dengan adanya acara tersebut, UMKM yang kesulitan memiliki kesempatan untuk mengenalkan produknya ke publik dapat kembali tampil. Tak hanya itu, tentu perputaran ekonomi diharapkan terjadi di saat sulit seperti ini.

JF3

"Kami berharap JF3 2021 dapat memberikan kontribusi nyata bagi para UMKM industri kreatif lokal yang tentunya sangat membutuhkan dukungan agar usaha mereka terus jalan," papar Chairman JF3, Soegianto Nagariq, saat membuka acara di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Ia pun menyatakan bahwa dengan dilonggarkannya aturan PPKM, yang artinya pusat perbelanjaan sudah boleh beroperasi kembali, artinya para pelaku ekonomi kreatif dapat kembali menjangkau masyarakat. Ini sangat berarti bagi para pelaku UMKM.

Baca Juga : JFFF Tampilkan Inspirasi Busana Smart Casual untuk Milenial, Yuk Diintip

JF3

Salah satunya disampaikan Riries Ariestuti Mardiana. Ia bercerita kalau selama 2 tahun ke belakang, tak ada pemasukan sama sekali dari bisnisnya di bidang fashion. Terlebih, dia hanya mengandalkan bazaar untuk menjual produk UMKM-nya.

"Dua tahun kami tidak berproduksi maupun berjualan. Tapi, dengan adanya JF3, itu seperti membangkitkan kami dari tidur panjang yang sangat sulit. Ya, kami berharap masyarakat bisa kembali menikmati produk UMKM kreatif lokal," curhatnya.

Di JF3 2021 hadir 50 UMKM yang merupakan pelaku usaha skala kecil dan menengah. Mereka terpilih melalui sistem kurasi yang sangat ketat. Di pameran ini, tak hanya produk tas dan kain, tetapi ada juga perhiasan seperti batu alam yang indah hingga aksesori fashion lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini