Mengenal 5 Makanan Tradisional Aceh yang Dibawa Teuku Ryan Melamar Ria Ricis

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 298 2475872 mengenal-5-makanan-tradisional-aceh-yang-dibawa-teuku-ryan-melamar-ria-ricis-c46xkz5Twm.jpg Kue Meuseukat (Foto: Wikipedia)

TEUKU Ryan resmi melamar Ria Ricis pada hari ini (Kamis, 23/9/2021). Acara lamaran Ria Ricis tersebut disiarkan langsung lewat program Halaqah Cinta Ria Ricis & Teuku Ryan di MNC TV yang dipandu oleh Irfan Hakim dan Vega Dewanti.

Dalam acara lamaran yang diadakan di ballroom hotel mewah Marriot tersebut, Teuku Ryan hadir dengan membawa perangkat hantaran seperti perhiasan, baju adat, hingga makanan tradisional Aceh.

Makanan khas Aceh yang dibawa Teuku Ryan antara lain adalah roti jala, kue meuseukat, kue limpeng, kue pulut panggang, serta ikan kayu eungkot.

Baca Juga : Lamar Ria Ricis, Teuku Ryan Bawa Hantaran Kue-Kue Khas Aceh

Makanan khas Aceh tersebut mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Nah, daripada penasaran, berikut fakta-fakta kue khas Aceh yang dibawakan Teuku Ryan kepada Ria Ricis dalam acara lamaran tersebut.

1. Kue meuseukat

Kue meuseukat

(Foto: Wikipedia)

Meuseukat adalah Penganan khas Aceh sejenis dodol dikarenakan tekstur yang lembut dan rasanya manis. Rasa manis ini didapat dari buah nanas yang digunakan dalam pembuatannya sehingga kue ini disebut juga dodol nanas.

Seperti halnya makanan dari daerah lain, meuseukat ini juga memiliki filosofi tersendiri yang kemudian menempatkannya dalam kasta tertinggi kue tradisional khas Aceh. Dalam memperlakukan tamu masyarakat Aceh dikenal dengan kesopanannya yang tinggi.

Tidak hanya dari perilakunya tetapi juga dari penyajian makanannya. Warna putih kue inilah yang kemudian diartikan sebagai kejernihan hati masyarakat Aceh saat menyambut tamu.

Baca Juga : Potret Cantiknya Ria Ricis Pakai Gaun Pink di Momen Lamaran

2. Kue limpeng

Kue Limpeng

Kue Limpeng merupakan makanan tradisional yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Makanan ini berbahan tepung beras dan campuran terigu, bahan tersebut di campur rata sebelum di tambah dengan parutan kelapa.

Mungkin tidak semua orang Aceh tahu dan pernah makan kue ini. Tapi kue ini sangat familiar di Aceh besar dan sering ditemui pada saat bulan puasa.

3. Kue pulut panggang

Kue Pulut Panggang

(Foto: Cookpad)

Pulut panggang merupakan jenis kue basah mirip lemper. Kue ini merupakan olahan ketan yang di dalamnya diberi isian ikan tongkol lalu dibakar di atas bara.

Ketan terlebih dahulu dimasak dengan cara dikukus terlebih dahulu dengan daun pandan sampai menjadi nasi aron. Setelah itu dicampur dengan rebusan santan hingga merata dan dimasak sampai kering.

4. Roti jala

Roti Jala

(Foto: masakanaceh106)

Roti jala merupakan roti yang berbentuk seperti jaring. Roti ini juga sering disebut dengan roti kirai. Umumnya, untuk menikmati roti ini, orang Aceh menyajikannya dengan kari.

Baik kari kambing atau kari ayam, keduanya bisa dijadikan topping untuk menikmati roti jala. Roti jala umumnya disajikan di berbagai acara besar termasuk lamaran.

5. Ikan kayu eungkot

Ikan Kayu

(Foto: Resepenyak)

Hidangan ini merupakan andalan pejuang Aceh dulu saat melawan penjajah. Adapun mengapa hidangan satu ini dibilang andalan adalah karena ikan kayu ini diolah sedemikian rupa hingga bisa bertahan lama.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga awet dan tahan lama, sehingga makanan ini tidak mudah basi. Makanan ini dijuluki ikan kayu karena tekstur dari ikan ini keras seperti kayu yang telah melalui proses penjemuran dan pengasapan, hingga berwarna coklat tua dan kehitaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini