10 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi

Calista Angelina, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 481 2475638 10-cara-menghilangkan-bintik-merah-di-wajah-bayi-merf937KNe.jpg 10 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi (Foto: Boldsky)

ADA 10 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi tanpa harus panik. Kulit bayi memang sangat sensitif. Sensitif terhadap cuaca, alergi, iritasi, dan infeksi ini membuat bayi rentan mengalami ruam atau bintik merah pada wajah bayi.

Bintik merah pada wajah bayi itu penyebabnya sangat beragam loh Bunda! Dikutip dari Medicine Net, berikut 10 cara mudah mengatasi bintik merah pada wajah bayi.

1. Kompres dengan air dingin

10 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi

(10 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi, Foto: Boldsky)

Air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan bintik merah pada kulit si kecil. Gunakan kain kompres yang bersih dan lembut dan rendam ke air dingin. Jangan letakkan es langsung ke kulit si kecil karena dapat menyebabkan radang dingin dan merusak kulitnya.

2. Oleskan beberapa tetes ASI

ASI memang kaya akan nutrisi, tapi tahukah ternyata ASI juga dapat menyembuhkan bintik merah di wajah si kecil. ASI mengandung imunoglobin yang bagus untuk melawan segala infeksi.

Baca Juga : Wajah Bayinya Alami Ruam, Mona Ratuliu: Tetap Jalani SOP

3. Gunakan minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni kaya akan asam lemak monolaurin yang dapat melembabkan sekaligus menghilangkan bakteri penyebab ruam atau eksim pada wajah bayi.

Baca Juga : 7 Tanda Ruam di Kulit Anak yang Perlu Diwaspadai

4. Gunakan minyak alpukat

Minyak alpukat kaya akan antioksidan sehingga sangat efektif digunakan untuk menjaga kelembaban pada kulit si kecil. Minyak kelapa juga cepat menyerap serta mempercepat proses penyembuhan dari berbagai masalah kulit pada bayi.

5. Oleskan campuran oatmeal

Oatmeal dikenal dapat mengurangi iritasi karena mengandung anti-inflamasi. Caranya cukup siapkan 1 mangkuk oatmeal dan campurkan dengan air. Blender dan aduk lagi hingga rata pastikan sudah seperti pasta yang lembut. Setelah itu oleskan ke wajah si kecil, tunggu sampai kering dan bilas. Penting untuk konsultasikan dulu ke dokter anak untuk cek apakah si kecil alergi oatmeal atau tidak.

6. Oleskan minyak zaitun ekstra virgin

Minyak zaitun dikenal sebagai pembersih alami yang dapat mengatasi masalah kulit. Minyak zaitun mengandung oleocanthal yang bersifat anti-inflamasi pada kulit. Kandungan antioksidan dan Vitamin E nya juga dapat membantu pembaruan dan penyembuhan bintik pada wajah si kecil.

7. Pilih produk bayi yang mengandung Shea Butter

10 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi

(10 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi, Foto: Boldsky)

Kandungan shea butter pada produk skincare si kecil baik untuk melembabkan. Kaya akan Vitamin A dan E yang dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit dan juga anti-inflamasi. Selain mengatasi iritasi dan bintik, shea butter juga membantu memperkuat lapisan pelindung pada kulit bayi dari sinar matahari.

8. Campurkan daun mimba dengan air

Daun mimba (neem) telah digunakan berabad-abad di India untuk mengobati bermacam masalah kulit. Daun mimba dikenal mengandung anti-jamur dan anti-inflamasi, biasa digunakan untuk mengobati ruam dan gatal. Tumbuk daun mimba hingga halus kemudian tambahkan sedikit air. Aduk hingga menjadi pasta dan oleskan ke wajah si kecil.

9. Pilih produk bayi yang mengandung ekstrak daun blueberry

Tak hanya buahnya, daunnya juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Daun blueberry kaya akan vitamin dan mineral jadi bagus untuk melembabkan, melindungi dan alami bagi si kecil. Biasa terdapat pada cream atau produk lotion.

10. Campurkan Cuka Apel dengan Air

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat mengurangi pertumbuhan mikroba (jamur) pada kulit si kecil. Campuran cuka apel dan air dapat menjadi toner bagi wajah bayi dan mengobati masalah kulit seperti ruam dan eksim.

Pastikan sebelum mencoba, cari tahu alergi si kecil atau bisa konsultasikan dahulu produk-produk yang akan digunakan ke dokter anak. Selamat mencoba

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini