10 Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda, Suami Juga Harus Sigap Lho!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 481 2475657 10-cara-mengatasi-mual-saat-hamil-muda-suami-juga-harus-sigap-lho-Rp5wEOWRfM.jpg 10 cara mengatasi mual saat hamil (Foto: Boldsky)

ADA 10 cara mengatasi mual saat hamil muda yang bisa moms coba. Mual yang biasa terjadi pada pagi hari atau morning sickness, lumrah terjadi saat hamil muda.

Namun, kondisi ini dapat membuat seorang ibu hamil tak nyaman. Suami juga harus sigap lho membantu istri yang sedang hamil muda mengatasi rasa mualnya. 

Berikut 10 cara mengatasi mual saat hamil muda yang dikutip dari Boldsky, Kamis (23/9/2021).

1. Jahe

10 cara mengatasi mual saat hamil

(10 cara mengatasi mual saat hamil, Foto: Boldsky)

Rempah-rempah yang satu ini memang berkhasiat baik untuk tubuh manusia. Di Indonesia sendiri, Anda cukup mudah menemukannya. Biasanya, di dapur rempah yang satu ini tersaji dan siap untuk menjadi obat mual Anda. Perlu Anda ketahui, jahe ini dipercaya ampuh untuk menenangkan perut Anda. Tidak mesti jahe yang ada di dapur, Anda bisa konsumsi teh jahe, kue jahe, atau susu jahe.

2. Makan sebelum bangun dari kasur

Beberapa ibu hamil merasa mual saat mereka bangkit dari kasur dan menuju kamar kecil untuk rutinitas setiap harinya. Nah, aktivitas ini ternyata memicu rasa mual yang berlebih. Untuk menyiasatinya, Anda bisa ngemil biskuit atau roti sebelum benar-benar bangun dari kasur. Hal ini berguna karena saat perut Anda “kosong”, itu akan memicu gula darah rendah dan membuat rasa mual memuncak.

Baca Juga : 8 Bawaan Hamil Bayi Perempuan, Lengkap dengan Mitos dan Faktanya!

3. Makan sedikit demi sedikit

Kondisi tubuh Anda berbeda sekali ketika tidak hamil dan saat hamil. Perbedaan ini semestinya dipahami betul oleh setiap perempuan dan tentunya sang pasangan. Nah, masalah makan juga ternyata berpengaruh cukup besar pada masa kehamilan. Anda mesti tahu, ketika seorang perempuan hamil makan dengan cara yang sama saat dia hamil, maka wajar kemudian rasa mual itu muncul.

Moms, Anda mesti ubah cara makan yang sekaligus itu dengan makan pelan dan tidak lahap. Untuk membantu menyeimbangi perubahan itu, Anda bisa mencoba makan secara rutin tapi sedikit demi sedikit. Sediakan juga makanan ringan yang sehat untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang kadang terus meningkat saat hamil.

Baca Juga : 5 Olahraga untuk Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Amannya

4. Cukup minum

10 cara mengatasi mual saat hamil

(10 cara mengatasi mual saat hamil, Foto: Boldsky)

Mual juga ternyata bisa muncul saat Anda kekurangan air, lho, moms! Jangan pelit minum. Selagi masih ada air putih di dapur, monggo minum dengan benar dan cukup. Ingat, ketika tubuh normal Anda saja memutuhkan cukup air, apalagi saat di tubuh Anda ada manusia lain yang juga membutuhkan asupan gizi dan mineral yang cukup!

5. Makan makanan yang sehat

Stop berlebihan konsumsi makanan yang asin dan manis! Kehamilan yang baik perlu dijaga sedini mungkin. Ketika tubuh Anda terlalu banyak mengonsumsi garam, maka tubuh akan bereaksi dengan rasa mual. Pun juga saat tubuh kebanyakan mengonsumsi gula. Usahakan untuk selalu menjaga asupan makanan dan perbanyak konsumsi makanan sehat.

Semoga tips ini bisa membantu para ibu hamil semua untuk bisa mengontrol rasa mual yang berlebih. Ingat, mual itu terjadi bukan karena “bawaan bayi”, tapi mual itu adalah respon tubuh akan sesuatu yang kurang benar. Benahi dan ubah pola hidup menjadi lebih baik dan sehat.

6. Konsumsi yoghurt

Yoghurt bisa membantu ibu hamil mengatasi mual. Probiotik dalam yoghurt akan berfungsi untuk mengatasi masalah bakteri yang tidak seimbang dalam usus.

7. Ngemil kacang almond

10 cara mengatasi mual saat hamil

(10 cara mengatasi mual saat hamil, Foto: Boldsky)

Almond mengandung protein nabati yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah ibu hamil menjadi lemah. Kandungan riboflavin dalam kacang almond sangat baik untuk membantu mengatasi mual pada ibu hamil dan juga membantu ibu hamil tidak mengalami stres berlebihan selama kehamilan.

8. Konsumsi apel hijau

Apel hijau memiliki banyak serat dan vitamin C yang membantu kesehatan pencernaan, mencegah konstipasi dan meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh. Manfaat inilah yang membuat apel hijau dapat mengatasi mual saat hamil.

9. Kunyah biskuit

Selain untuk mengembalikan tenaga Anda usai mengalami mual dan muntah. Makan camilan biskuit yang tinggi karbohidrat dapat membantu menyerap asam di lambung dan meredakan mual di perut Anda.

10. Makan labu

Labu mengandung magnesium yang cukup tinggi dan ini sangat baik untuk mengatasi mual pada ibu hamil. Karena magnesium akan meningkatkan sirkulasi darah untuk mengatasi perubahan hormon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini