4 Manfaat Minum Wine, Bisa Turunkan Kolesterol Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 481 2475757 4-manfaat-minum-wine-bisa-turunkan-kolesterol-loh-0w8VyxjTFi.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MINUM wine secara rutin ternyata berkhasiat bagi kesehatan loh. Karena minuman ini merupakan hasil fermentasi dari buah anggur yang kaya manfaat.

Setidaknya dari berbagai studi maupun penelitian membuktikan bahwa minum wine dapat  menimbulkan efek menyehatkan. Apa saja ya?

Dirangkum Okezone, berikut deretan manfaat wine bila dikonsumsi setiap hari dan sesuai dengan takaran. Simak ya!

Bikin Anda awet muda

wine 

Siapa yang tak ingin terlihat awet muda khususnya bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun ke atas? Studi dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa wine mengandung agen antipenuaan dan antioksidan yang membuat kulit tetap sehat.

Menjaga kesehatan mulut

Profesor Gabriella Gazzani dan tim peneliti dari University of Pavia di Italia juga meneliti lebih lanjut tentang wine. Mereka meneliti tentang mekanisme antibakteri pada wine. Hasilnya disebutkan bahwa red wine punya efek antibacterial yang baik untuk kesehatan mulut.

Meredakan stres dan depresi

Lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan oleh BMC Medicine pada 2013 menyebut, seseorang yang mengonsumsi 2-7 gelas minuman fermentasi anggur merah ini secara rutin bisa meredakan stres serta depresi. Anjurannya ialah dalam seminggu dengan takaran 150 ml per gelas.

Mencegah penyakit tidak menular

Sebuah studi lainnya yang dilakukan oleh John Hopkins dari University Medical Center membuktikan bahwa resveratrol dalam kulit anggur merah bisa mencegah stroke. Selain itu, kandungan procyanidin dan resveratrol bisa menyehatkan jantung serta dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar HDL (kolesterol baik).

Diungkapkan perwakilan Shop & Retailer Casa Wine Kiky Chandra, kerena deretan manfaat tersebut, tak dapat dipungkiri jika tren minum wine di kalangan masyarakat Indonesia meningkat. Terlebih sejak pandemi semakin banyak orang pesan wine ataupun membeli langsung.

"Masyarakat memilih wine sebagai minuman untuk relaksasi menghilangkan stres dari rutinitas maupun terapi kesehatan," ujarnya.

Karena berdasarkan studi yang ada, jika wine dikonsumsi dengan takaran yang sesuai dapat berdampak positif terhadap kesehatan.

"Untuk memperoleh benefit kesehatan sebaiknya wine diminum sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan oleh para ahli," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini