3 Teknik Relaksasi untuk Hilangkan Cemas Akibat Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 612 2475713 3-teknik-relaksasi-untuk-hilangkan-cemas-akibat-pandemi-covid-19-kYe7X53ZSb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK hanya kesehatan tubuh yang harus diperhatikan selama pandemi Covid-19, tetapi juga kesehatan mental. Tidak bisa dipungkiri, stres memang menjadi salah satu penyebab imunitas tubuh menurun.

Ya, pandemi yang belum juga selesai pasti memberikan imbas pada kehidupan seseorang. Bagaimana tidak, setelah sempat menurun angka Covid-19 malah mengalami kenaikan lagi.

Meski wajar terjadi namun kondisi stres ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sebab nantinya dapat mengakibatkan dampak buruk dan cukup serius, salah satunya adalah melemahkan imun tubuh. Tapi Anda tidak perlu merasa khawatir berlebihan, karena stres bisa diminimalkan.

Merangkum dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, Kamis (23/9/2021), salah satu cara termudah untuk meminimalkan stres adalah dengan teknik relaksasi. Teknik relaksasi ini dapat membantu meredakan stres sehingga perasaan menjadi lebih baik.

1.Duduk dengan posisi santai dan nyaman. Bayangkan hal yang menyenangkan dengan mata terpejam.

2.Tarik nafas dari hidung, tahan tiga hitungan, lalu hembuskan dari mulut. Bayangkan seolah beban pikiran dilepaskan. Ulang metode ini sebanyak tiga kali.

3.Mensyukuri nikmat dari Tuhan YME, ikhlas dan sabar.

Perlu diingat, relaksasi ini harus diulang setiap hari selama minimal 5-10 menit.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini