Ini 5 Penyakit yang Menyerang Paru-Paru, Turunkan Kualitas Hidup hingga Kematian

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 481 2476326 ini-5-penyakit-yang-menyerang-paru-paru-turunkan-kualitas-hidup-hingga-kematian-v6Z67Nxmsx.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PARU-paru merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Dengan paru-paru yang sehat, Anda bisa menghirup udara dan bernapas leluasa.

Namun, paru-paru merupakan organ yang rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi dan non-infeksi. “Kerusakan pada paru, dapat mengakibatkan kecacatan permanen dan dapat menurunkan kualitas hidup,” kata Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), dalam konferensi pers virtual World Lung Day, Jumat (24/9/2021).

Oleh karena itulah, sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru, sehingga pada tanggal 25 September selalu diperingati sebagai World Lung Day atau Hari Paru Sedunia. Nah, menjelang peringatan tersebut, penting untuk mengenali lima penyakit yang sering menyerang paru-paru. Apa saja?

1. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Penyakit Paru

Di urutan pertama ada Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Secara global, diperkirakan ada 384 juta penduduk dunia yang mengalami PPOK, dengan 3 juta orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit tersebut. Di Indonesia sendiri, PPOK menjadi salah satu penyakit paru penyebab kematian dengan angka prevalensi sekitar 4,5 persen.

Baca Juga : Benarkah Minum Susu Sebulan Bisa Bersihkan Paru-Paru?

2. Asma

Kemudian ada asma yang menyerang sekitar 334 juta penduduk dunia. Dalam tiga dekade terakhir, angka penderita asma cenderung meningkat. Terkait penyakit asma, ada sejumlah faktor yang dapat memicunya, yakni faktor genetik, polusi udara, infeksi saluran napas pada masa kanak-kanak, faktor makanan dan paparan alergen lingkungan. Di Indonesia, prevalensi asma mencapai 2,4 persen, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018.

3. Pneumonia

Berikutnya ada infeksi saluran napas bawah dan pneumonia, yang merupakan penyakit pernapasan dengan angka kematian lebih dari 4 juta orang per tahun. Penyakit tersebut menjadi beban besar kesehatan di negara berkembang, termasuk Indonesia. Data Riskesdas 2018 menunjukkan, prevalensi pneumonia di Indonesia mencapai 4 persen.

4. Tuberkulosis

Batuk

Selanjutnya adalah tuberkulosis (TB). Data Global TB Report tahun 2020 menunjukkan pada tahun 2019, terdapat sekitar 10 juta orang menderita yang TB di seluruh dunia. Dari angka tersebut, 1,2 juta di antaranya meninggal dunia.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penyumbang kasus TB terbesar di dunia. Saat ini, Indonesia menduduki nomor 2 di dunia, dengan prevalensi TB paru 0,4 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

5. Kanker Paru

Terakhir, ada kanker paru yang merupakan jenis kanker paling banyak dialami oleh pria dewasa dan urutan ketiga pada perempuan dewasa. Pada tahun 2012, ada sekitar 14 juta kasus baru kanker paru yang ditemukan di seluruh dunia. Tak hanya itu, sekitar 1,6 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat kanker paru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini