Ayu Dyah Pasha: Kunci Lansia Sehat dan Bahagia Ialah Merasa Hidup

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 612 2476446 ayu-dyah-pasha-kunci-lansia-sehat-dan-bahagia-ialah-merasa-hidup-2fJaGjWqpA.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

AKTRIS Ayu Dyah Pasha sudah tergolong dalam pre-lansia. Tahu akan status tersebut, dia pun memaksimalkan waktu yang ada dengan tetap aktif berkegiatan.

Bukan hanya untuk tetap produktif, upaya tersebut menurut Ayu Dyah Pasha akan membantu orang sepertinya jauh dari masalah gangguan otak, seperti demensia. Sebab, aktivitas yang dilakukan membuat otak terus bekerja.

Ayu Dyah Pasha

Itu kenapa, Ayu Dyah berusia sekuatnya untuk tetap mempunya hobi di umurnya yang tak lagi muda. "Bagiku, punya hobi, punya komunitas yang visi misinya tetap hidup sehat dan bahagia adalah kunci," ungkapnya di webinar 'Kenali Demensia Alzheimer, Pentingnya Deteksi Dini', Jumat (24/9/2021).

Dengan begitu, sambungnya, para pre-lansia maupun lansia tetap merasa berkarya dan apa yang dikerjakan masih bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. "Merasa diri kita masih punya manfaat itu penting supaya kita tetap punya mimpi," tambah Ayu Dyah.

Baca Juga : Pentingnya Terapkan Healthy Aging Sedari Muda agar Sehat saat Lansia

Ia tak menampik bahwa saat memasuki usia 55 tahun pikiran akan tidak adanya lagi kehidupan yang bisa dijalani itu ada. Namun, dia memastikan bahwa pikiran semacam itu salah dan jangan dipercaya.

Ayu Dyah di usianya yang ke 57 tahun masih tetap produktif, tetap syuting, memanfaatkan sosial media seperti generasi muda, dan berolahraga yoga. Tak ada bedanya dengan momen masih muda, hanya fisiknya saja yang berbeda.

"Semain aktif, semakin berkarya, semakin sehat dan bugarlah kita. Dengan kita berkegiatan, otak kita terus bekerja, otak kita merasa hidup. Ini, para lansia tetap harus merasa hidup," katanya.

Kini Ayu Dyah Pasha tak hanya masih syuting setiap hari, tetapi juga cukup bisa merangkul lansia pun generasi lebih muda di Instagram. Ya, pre-lansia maupun para lansia tetap punya hak untuk hidup dan merasa bahagia dengan cara positif pastinya.

"Gegara pandemi, aku di rumah 3 bulan. Putar otak, melihat generasi muda pada Instagram Live, aku coba dengan punya program 'Ayu Show' setiap Jumat dan itu caraku untuk tetap merasa hidup, di luar dari aktivitasku yang lainnya," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini