Moms, Yuk Pahami 7 Cara Cegah Covid-19 pada Bayi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 612 2476489 moms-yuk-pahami-7-cara-cegah-covid-19-pada-bayi-RwAxlLwxAv.jpg Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

SALAH satu kekhawatiran orangtua adalah anaknya terpapar Covid-19, apalagi jika mereka masih bayi. Anak bayi cenderung tidak akan dipakaikan masker, lantaran akan membuat mereka kesulitan untuk bernapas.

Mencegah penularan Covid-19 pada bayi yang baru lahir sebenarnya sederhana dan tidaklah sulit. Yang dibutuhkan adalah keseriusan dan konsistensi serta kewaspadaan dari orangtua.

Memang, bayi memiliki tingkat risiko rendah jika terinfeksi Covid-19. Namun demikian, bukan berarti mereka kebal dan tidak dapat terinfeksi Covid-19. Oleh sebab itu, orangtua wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari risiko penularan Covid-19 pada bayi yang baru lahir.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Jumat (24/9/2021), berikut tujuh cara sederhana mencegah penularan Covid-19 pada bayi yang baru lahir.

Bayi

1. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah memegang bayi dan sebelum menyusui.

2. Gunakan masker medis di dalam dan masker kain di luar saat menyentuh bayi, menggendong bayi, atau saat member air susu ibu (ASI).

3. Jauhkan bayi dari orang sakit.

4. Hindari kebiasaan mencium dan menyentuh wajah bayi.

5. Berikan ASI saja sampai anak berusia enam bulan, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

6. Jika ibu atau pengasuh dan bayi berbeda status Covid-19, disarankan untuk tetap jaga jarak dua meter dari bayi. Kecuali saat menyusui atau memberikan ASI perah atau saat merawat bayi.

7. Jika bayi dan anggota keluarga ada yang menderita Covid-19 bersamaan, dapat dilakukan isolasi bersama.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini