Alasan Sebaiknya Tak Ajak Anak ke Mal meski Sudah Diperbolehkan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 481 2476649 alasan-sebaiknya-tak-ajak-anak-ke-mal-meski-sudah-diperbolehkan-w7CD8XaroQ.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

PEMBATASAN Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode 21 September – 4 Oktober 2021 telah memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun untuk memasuki pusat perbelajaan atau mal. Meski demikian orangtua diimbau untuk tidak membawa anaknya bepergian jika tidak terlalu mendesak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sebagaimana diketahui tingkat risiko Covid-19 pada anak memang tidak terlalu besar dan kecil sekali yang sampai menyebabkan fatalitas maupun kematian. Terlebih saat ini pemerintah juga telah memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak yang berusia di bawah 12 tahun demi segera tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok).

Anak Pakai Masker

Sebagaimana dilansir dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Sabtu (25/9/2021), meski saat ini Covid-19 sudah menurun cukup drastis, namun bukan berarti pandemi sudah berakhir. Anak-anak masih bisa tertular dan menularkan orang lain yang ada disekitarnya.

Baca Juga : Ingat, Anak Kecil Boleh Masuk Mal tapi Tempat Bermain Masih Tutup

Jika anak-anak harus tetap pergi ke mall atau pusat perbelanjaan, maka orangtua harus bisa menjamin protokol kesehatan dijalakan selama beraktivitas. Salah satunya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan 6M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menguragi mobilitas, dan tidak makan bersama.

Selain itu jangan lupa untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin pada anak usia di bawah 12 tahun. Vaksinasi adalah salah satu upaya dan ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19 terhadap anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini