3 Jenis Obat Ini Tidak Boleh Dibuang Sembarangan, Bisa Timbulkan Resistansi hingga Meledak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 481 2476932 3-jenis-obat-ini-tidak-boleh-dibuang-sembarangan-bisa-timbulkan-resistansi-hingga-meledak-Pwh2lXVnrl.jpg Ilustrasi obat-obatan. (Foto: Pexels/Pixabay)

MASYARAKAT yang memiliki obat sudah tidak terpakai maupun telah kedaluwarsa dianjurkan tidak membuangnya secara sembarangan. Pasalnya, obat yang dibuang sembarangan berpotensi disalahgunakan dan dapat membahayakan lingkungan serta kesehatan.

Tidak hanya itu, beberapa jenis obat-obatan tertentu juga memiliki sifat berbahaya yang harus dipahami masyarakat sebelum membuangnya. Dirangkum dari unggahan akun Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) @bpom_ri, Minggu (26/9/2021), berikut jenis obat-obat tersebut.

Baca juga: Tips Aman Buang Sampah Obat, Gak Boleh Sembarangan Lho 

Ilustrasi obat-obatan. (Foto: Instagram @bpom_ri)

1. Antibiotika

Antibiotika yang dibuang langsung ke saluran pembuangan air atau ditimbun di tanah akan membuat lingkungan terpapar, sehingga mencemari air minum dan tanaman yang tumbuh. Jika air minum dan makanan yang mengandung antibiotika dikonsumsi, maka dapat terjadi resistansi antibiotika.

Baca juga: Hari Kontrasepsi Sedunia 2021: Pandemi Picu 1,4 Juta Kehamilan yang Tak Diinginkan 

2. Inhaler atau aerosol

Jika sudah kosong, bisa dibuang ke tempat sampah. Apabila belum kosong, tapi sudah tidak diperlukan, dapat dikembalikan ke rumah sakit, dokter, puskesmas, atau klinik agar bisa dibuang dengan aman. Hal yang perlu diperhatikan adalah:

- Pastikan wadah atau botol sudah kosong.

- Jangan dilubangi, digepengkan, atau dibakar karena dapat meledak.

3. Obat kanker

Obat kanker dapat merusak sel kanker maupun sel sehat sehingga sangat berbahaya. Jika mendapat obat kanker yang diminum di rumah, maka cara membuangnya dengan:

- Sisa obat, sisa kemasan, serta sarung tangan dan wadah yang bersentuhan dengan obat kanker tersebut dikumpulkan dalam wadah tertutup rapat.

- Kembalikan ke rumah sakit tempat mendapatkan obat.

Baca juga: Harga Syal Aurel Bikin Syok, Netizen: Rp9 Juta Cuma Buat Lilit Gagang Tas! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini