7 Obat Tradisional untuk Atasi Asam Lambung, Banyak Tersedia di Dapur

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 481 2477050 7-obat-tradisional-untuk-atasi-asam-lambung-banyak-tersedia-di-dapur-ROZ1pD6pDJ.jpg Ilustrasi obat tradisional untuk sakit asam lambung. (Foto: Shutterstock)

ASAM lambung merupakan salah satu penyakit yang diderita banyak orang. Mereka mengeluhkan jika asam lambung sudah kumat, bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, asam lambung tidak boleh disepelekan agar tak terjadi komplikasi.

Seperti diketahui, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah pencernaan yang ditandai sensasi terbakar di dada atau heartburn.

Baca juga: Mulai Oktober 2021, PeduliLindungi Terintegrasi dengan Aplikasi Lain 

Gejala tersebut biasanya ditandai sejumlah keluhan lainnya seperti sering bersendawa, mual dan muntah, hingga sesak napas. Oleh karena itu, asam lambung perlu segera ditangani. Nah, ada beberapa obat herbal atau tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung.

Beberapa di antaranya merupakan bumbu-bumbu dapur yang mudah ditemukan di dapur rumah. Apa saja? Berikut tujuh obat tradisional untuk mengatasi asam lambung, seperti dirangkum dari laman NDTV, Minggu (26/9/2021).

Daun kemangi.

1. Daun kemangi

Daun kemangi biasanya digunakan untuk memasak. Tetapi, ini juga berguna untuk mengatasi asam lambung. Sebab, daun kemangi memiliki sifat menenangkan dan karminatif yang membantu mengatasi asam lambung dengan cepat. Cara menggunakannya yakni merebus 3-4 daun kemangi dengan secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Minum ketika asam lambung naik.

2. Kayu manis

Bumbu masak lainnya yang berguna untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah kayu manis. Bumbu sederhana ini bekerja sebagai antasida alami untuk keasaman lambung dan dapat menenangkan perut dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan. Untuk meredakannya, minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.

Baca juga: Waspada, Ngeden Bisa Jadi Pemicu Pendarahan Otak 

3. Cengkih

Selanjutnya ada cengkih yang sudah lama menjadi pengobatan tradisional China dan India untuk mengobati gangguan pencernaan. Hal ini karena cengkih bersifat karminatif yang dapat mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan.

Cengkih. (Foto: Freepik)

4. Biji jintan

Kemudian ada biji jintan. Bumbu yang satu ini bekerja sebagai penetral asam yang hebat, membantu pencernaan, dan meredakan sakit perut. Cara menggunakannya, hancurkan sedikit biji jintan panggang, aduk ke dalam segelas air atau rendam satu sendok teh biji jintan dalam secangkir air matang dan minum setelah makan.

Biji jintan. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

Baca juga: 5 Tanda Tubuh Mengalami Masalah Paru-Paru, Salah Satunya Nyeri Dada 

5. Jahe

Siapa yang tidak tahu jahe? Ini merupakan obat herbal yang paling banyak digunakan untuk berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya asam lambung. Mengapa? Sebab, jahe memiliki sifar anti-inflamasi yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengunyah sepotong jahe segar, meminum sesendok jus jahe dua-tiga kali sehari, atau menyeduh jahe segar dalam secangkir air mendidih dan meminumnya.

6. Air kelapa

Setelah itu ada air kelapa yang dapat membuat tingkat asam pH tubuh Anda berubah menjadi basa. Air kelapa ini juga membantu menghasilkan lendir di perut yang melindungi perut Anda dari efek berbahaya karena produksi asam yang berlebihan.

Baca juga: Viral Pelayan Jago Hitung Pakai Kalkulator Tanpa Lihat Angkanya, Netizen: The Real Fast Hand 

7. Pisang

Terakhir ada buah pisang yang menjadi favorit banyak orang. Selain buah yang enak, pisang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengatasi asam lambung. Hal ini karena pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam. Ini adalah obat rumahan paling sederhana untuk meredakan asam lambung.

Pisang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini