Karya Teranyar Sapto Djojokartiko Refleksikan Optimisme Pulihnya Pandemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 September 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 194 2477554 karya-teranyar-sapto-djojokartiko-refleksikan-optimisme-pulihnya-pandemi-c7JNpGsP5h.jpg Koleksi teranyar Desainer Sapto Djojokartiko (Foto: IG Sapto Djojokartiko)

DESAINER Sapto Djojokartiko tetap produktif di masa pandemi. Sepertinya, rumah mode lokal ini tak pernah kehabisan ide untuk tetap berkarya di tengah keterbatasan.

Bahkan, di koleksi teranyar, Sapto Djojokartiko merilis beberapa busana yang coba merefleksikan pintu menuju perubahan dan optimisme manusia di masa sekarang. Pesan mendalam terselip di setiap koleksi terbaru ini.

Melalui koleksi Fall/Winter 2021 ini, Sapto seperti ingin menyambut hari baru dengan menciptakan koleksi yang diharapkan akan hadir sebagai bentuk transisi, di saat di mana dunia kian menuju pulih, begitu pula semangat yang ingin ditampilkan melalui karya-karyanya.

Koleksi Teranyar Sapto Djojokartiko

"Sepertinya kita mulai bisa merasakan hawa optimisme itu hadir di antara kita meskipun dibarengi dengan sedikit kekhawatiran dan kehati-hatian. Saya sangat merasakan hal itu. Saya berdamai dengan situasi yang pastinya tidak akan sepenuhnya kembali seperti dulu," kata Sapto Djojokartiko dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Senin (27/9/2021).

Baca Juga : Referensi Tampilan Pelesiran Cantik di Akhir Tahun dengan Koleksi Pastel-Feminin

Meski tak lagi bisa kembali ke situasi seperti dulu, menurut Sapto, setiap manusia bisa mulai dapat beradaptasi dan menemukan banyak peluang baru sebagai bentuk perjalanan kehidupan ini. Pun yang dirasakan Sapto sebagai disainer.

Koleksi Teranyar Sapto Djojokartiko

"Kami mulai mengintegrasi dunia digital dan ranah fashion di Indonesia. Kami seperti didekatkan dengan banyak audiens baru, termasuk mereka yang tinggal di belahan dunia lain. Ini sangat menguatkan semangat dan juga kreativitas kami, terutama saya sebagai seorang disainer," tambahnya.

Soal detail, koleksi Fall Winter 2021 Sapto Djojokartiko ini menghadirkan siluet klasik yang banyak diminati seperti contohnya potongan oversized yang tentunya mengedepankan kenyamanan.

Untuk mereka yang akan berlibur atau mulai beraktivitas di luar rumah, beberapa elemen kunci seperti potongan A-line dan I-line juga kembali hadir, bersamaan dengan puff-sleeves untuk menambahkan unsur feminin yang memang jadi DNA dari seorang Sapto Djojokartiko.

Koleksi Teranyar Sapto Djojokartiko

Tak hanya untuk perempuan, Sapto pun mengeluarkan koleksi pria yang memiliki elemen kunci atau statement yaitu kenyamanan dengan pendekatan yang lebih bergaya agar dapat dikenakan untuk kepentingan bekerja maupun liburan singkat.

Kemudian, soal warna Sapto benar-benar memikirkannya. Refleksi optimisme yang coba diangkat di koleksi ini terlukis indah dalam palet warna yang cerah namun tetap membumi. Contohnya kehadiran sentuhan kuning yang menggambarkan optimisme dan harapan.

"Dengan menggunakan spektrum warna tersebut pada bagian dasar maupun dalam sentuhan detail-detail yang menawan seperti warna Hummus, Sappfron, dan Mimosa, optimisme itu semakin tergambarkan di koleksi ini," ungkap Sapto.

Tak hanya itu, palet warna hijau seperti Lichen dan Arugula pun menambah keindahan koleksi kali ini. Beberapa warna ikonik lainnya yang dapat ditemukan di koleksi ini adalah Oyster, Parfait, Amaranth, dan Sapphire. Warna-warna tersebut merupakan beberapa pilihan yang memicu motivasi dalam berkarya dan menciptakan elemen kejutan.

"Saya memiliki harapan bahwa kami kedepannya akan terus bertahan dan kemudian terinspirasi, serta menginspirasi. Perubahan ini kami rasa akan menjadi umum di kemudian hari dan beradaptasi adalah kuncinya. Koleksi ini menurut kami cukup dapat bertahan dari waktu ke waktu, bahkan menjadi pengingat bahwa dalam setiap kesulitan, selalu ada harapan," kata Sapto Djojokartiko.

Koleksi Teranyar Sapto Djojokartiko

Sapto Djojokartiko merasa pandemi telah mengubah dirinya menjadi seseorang yang baru dan lebih maju. Hal ini bukan hanya soal koleksi, melainkan juga bagaimana bisnis fashionnya berkembang ke arah masa depan meski akar dari setiap busana tetap dipertahankan.

"Cara kami membawa brand Sapto Djojokartiko terus berkembang dan itu membuka kesempatan yang baru bagi kami berdialog dengan audiens kami yang sudah lama bersama maupun yang baru. Desain koleksi tentunya tetap yang tak lekang oleh waktu," ungkap Sapto.

"Dengan bantuan digitalisasi, kami terus menggapai lebih banyak audiens. Bahkan, cara kami mempublikasi koleksi kini sudah memanfaatkan konten video untuk menampilkan ragam koleksi yang ada. Platform website pun tengah dikembangkan dan ini tentunya dengan harapan terus berkembangnya bisnis ini," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini