Cara Bedakan Kelelahan Akibat Long Covid-19 dengan Sakit Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 September 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 481 2477418 cara-bedakan-kelelahan-akibat-long-covid-19-dengan-sakit-jantung-PURBxOta1X.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PASIEN Covid-19 kerap mengalami 'Long Covid-19' pasca-sembuh dari penyakit infeksi yang disebabkan virus SARS-CoV2. Salah satu gejala yang mudah dikenali adalah keletihan.

Ya, mereka yang mengalami Long Covid-19 setelah sembuh dari Covid-19 banyak sekali yang mengeluhkan mudah capek atau kelelahan. Kondisi ini biasa terjadi pada 1 atau 2 bulan usai dinyatakan sembuh.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Isman Firdaus, Sp.JP (K) menerangkan bahwa keletihan akibat Long Covid-19 kerap juga disangka sebagai penyakit jantung oleh masyarakat. Padahal, ada pembeda yang cukup jelas di antara dua masalah kesehatan tersebut.

Kelelahan

Baca Juga : 3 Hoaks Penyakit Jantung Paling Sesat, Termasuk Percaya Kalung dan Gelang Kesehatan!

Bagaimana cara membedakan gejala Long Covid-19 dengan sakit jantung?

Pada gejala mudah capek yang dialami pasien Long Covid-19 dan penyakit jantung, ini biasanya dipantau 1 hingga 2 bulan pasca sembuh dari Covid-19. Hal tersebut untuk memperjelas observasi dokter dan penegakkan diagnosis.

"Kami tunggu 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, biasanya 1-2 bulan sudah membaik. Jadi kadang si pasien mengeluhkan mudah capek, naik tangga mudah capek, dikira sakit jantung, padahal itu Long Covid-19," paparnya di webinar Kementerian Kesehatan, Senin (27/9/2021).

Namun, sambung dr Isman, apabila pasien mengeluhkan beberapa gejala lain yang cukup berat dan tidak biasa, seperti nyeri dada dan berdebar yang berat, maka pasien disarankan temui dokter jantung.

"Jika ada gejala nyeri dada atau berdebar yang berat, silahkan temui dokter jantung. Datang ke dokter jantung, nanti di tes EKG. Kalau hasil EKG normal berarti aman, terlebih pemeriksaan fisik jantungnya juga bagus," paparnya.

Dokter Isman pun menyarankan agar pasien Covid-19 yang kini sudah sembuh namun mengeluhkan beberapa gejala lanjutan agar memanfaatkan telemedis atau konsultasi online dengan dokter. Ini diperlukan agar kesehatan Anda pasca-Covid-19 benar-benar stabil dan tidak ada masalah lanjutan setelahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini