Begini Mengatasi Gangguan Tidur Menurut Dokter

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 27 September 2021 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 481 2477441 begini-mengatasi-gangguan-tidur-menurut-dokter-JhZSYfqiyy.jpg Mengalami gangguan tidur (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang yang mengalami gangguan tidur. Mereka sangat susah tidur dan memejamkan mata saat malam tiba, akibatnya berakhir dengan begadang yang merusak kesehatan.

Dokter Ruth Katrin Goldina dari Siloam Hospitals Jantung Diagram menjelaskan, gangguan tidur dapat diatasi dan disembuhkan dengan dua cara. Yaitu melakukan konsultasi kepada dokter atau merubah pola atau kebiasaan beraktivitas dengan dukungan sejumlah faktor yang membuat aktivitas tidur menjadi nyaman.

 mengalami gangguan tidur

"Langkah pertama jika sulit tidur telah mengganggu kenyamanan beraktivitas, maka lakukan konsultasi pada dokter, psikolog atau psikiater. Dan konsultasi ini pun dilihat dari kasus dan keluhan pasien, " kata Dokter Ruth, Senin, (27/9/2021).

Guna persiapan konsultasi, terang Dokter Ruth, pasien pengidap 'Somnipati' (gangguan tidur) menyiapkan catatan guna mendeskripsikan penyebab gangguan itu terjadi.

"Misalnya menyiapkan catatan harian berisikan lamanya waktu saat tertidur, lamanya waktu saat kondisi terbangun, keluhan yang dirasakan dan sejauh mana rasa ketidaknyaman," ungkapnya.

"Dengan rincian catatan ini, dokter atau psikiater dapat menentukan langkah tepat guna mengatasi dan menyembuhkan gangguan sulit tidur," kata Dokter Ruth.

Adapun paska konsultasi, dokter akan melakukan tindakan pada pasien gangguan tidur seperti pemberian obat dengan dosis terukur, mengarahkan pasien guna memperbaiki pola aktivitas dan faktor lingkungan kamar tidur dan lainnya.

"Apabila ditemukan penyakit penyerta, tak kalah penting adalah mengobati penyakit tersebut yang dapat mempengaruhi kualitas tidur. Misalnya penyakit pada organ saraf, pencernaan pun pada gangguan sendi. Itu termasuk faktor pada gangguan tidur," pungkasnya.

Dokter Ruth juga menyarankan agar pasien pada waktu malam, mengonsumsi makan agar tidak terlalu kenyang dan lakukan mengkonsumsi makanan 2 atau 3 jam sebelum waktu tidur di malam hari.

Mengenai tidur siang yang baik dan tidak akan mengganggu kualitas tidur pada malam harinya adalah tidur siang optimal hanya 30-45 menit. Usahakan waktu bangun tidak lebih dari pukul 14.00 atau jam dua siang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini