12 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Cegah Rematik hingga Kanker!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 27 September 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 481 2477542 12-manfaat-bunga-lawang-untuk-kesehatan-cegah-rematik-hingga-kanker-vGrkg6WxY6.jpg 12 Manfaat bunga lawang (Foto : Boldsky)

ADA 12 manfaat bunga lawang yang jarang diketahui banyak orang. Bunga lawang atau adas bintang merupakan pohon kecil asli China dan Vietnam. Pohon ini tumbuh di Laos, Kamboja, India, Filipina, dan Jamaika.

Karena toksisitasnya yang rendah, orang Tionghoa telah mengadopsi adas bintang sebagai ramuan obat. Disarankan bahwa ekstrak tersebut memiliki sifat karminatif dan diuretik. Selain aromanya yang kuat, bunga lawang ini penuh dengan senyawa bermanfaat yang dapat memiliki efek kuat pada kesehatan.

Nah, melansir Epainassist pada Senin (27/9/2021), berikut 12 manfaat bunga lawang untuk kesehatan.

Membantu masalah pencernaan

12 Manfaat Bunga Lawang

(12 Manfaat Bunga Lawang, Foto: Boldsky)

Bunga lawang dikenal dapat meningkatkan pencernaan, mengurangi kram dan mengurangi gejala mual. Mengkonsumsi teh yang dibuat dari bubuk bunga lawang setelah makan membantu dalam mengobati penyakit pencernaan seperti gas, kembung, gangguan pencernaan, dan sembelit.

Mengobati batuk dan pilek

Minyak bunga lawang mengandung terpineol, thymol, dan anethole, yang digunakan untuk mengobati flu dan batuk. Ini kaya anti-oksidan yang sangat bagus untuk membangun kekebalan Anda dan juga membantu dalam memerangi radikal bebas.

Baca Juga : 5 Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Bantu Jaga Kesehatan

Sebagai pengusir nyamuk

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan di bunga lawang berfungsi sebagai insektisida yang efektif sebagai pengusir nyamuk. Mengonsumsi bunga lawang secara teratur dapat membuat serangga menjauh dari Anda.

Merangsang produksi ASI

12 Manfaat Bunga Lawang

(12 Manfaat Bunga Lawang, Foto: Boldsky)

Ibu yang baru melahirkan terkadang mengalami kesulitan memproduksi ASI. Dengan bunga lawang, itu dapat merangsang produksi ASI. Diyakini bahwa senyawa anethole pada bunga lawang memiliki kesamaan struktural dengan dopamin, yang diketahui menghambat pelepasan prolaktin (dan produksi susu). Jadi, dengan mengeluarkan dopamin dan mencegahnya, produksi ASI meningkat.

Meringankan gejala menopause

Selama permulaan dan setelah menopause, kadar estrogen turun secara signifikan dan wanita mengalami hal terburuk yang ditawarkan tubuh mereka. Dengan menambahkan lebih banyak rempah-rempah ini ke makanan Anda, dapat membantu meringankan Anda dari gejala menopause yang kurang menyenangkan.

Mengurangi insomnia

Insomnia atau sulit tidur dapat disebabkan oleh banyak hal, tetapi seringkali stres dan kecemasan adalah penyebabnya. Adas bintang dapat membantu memodulasi kadar neurotransmiter dan hormon ini, yang pada gilirannya menghasilkan tindakan sedatif ringan.

Mengandung sifat antijamur

Senyawa anethole yang ditemukan pada bunga lawang juga memiliki sifat antijamur, yang dapat digunakan secara topikal (dalam bentuk minyak esensial adas bintang) untuk mengobati infeksi pada kulit.

Kaya akan zat besi

Bunga lawang kaya akan zat besi. Ini dapat membantu para penderita anemia untuk memulai produksi lebih banyak sel darah merah, terutama dalam hubungannya dengan mineral dan vitamin lainnya.

Baik untuk tulang

12 Manfaat Bunga Lawang

(12 Manfaat Bunga Lawang, Foto: Boldsky)

Bunga lawang kaya akan kalsium, yang merupakan komponen penting tulang. Kekurangan kalsium menyebabkan perkembangan osteoporosis, dan mempercepat pengeroposan tulang.

Baik untuk kulit

Salah satu protein struktural utama dalam kulit adalah kolagen, yang membantu menjaga integritasnya. Vitamin A yang ditemukan dalam bunga lawang juga membantu memantulkan sinar UV dan mengurangi kerusakan yang dapat terjadi akibat paparan berlebihan. Vitamin A dapat meminimalkan munculnya jaringan parut akibat jerawat atau stretch mark, dan menambah dimensi lain pada kesehatan kulit Anda.

Mengurangi risiko kanker

Bunga lawang mengandung anethole, quercetin, asam coumaric dan kaempferol, yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Dengan mengurangi efek kerusakan oksidatif pada sel, pada gilirannya risiko kanker yang terjadi dapat diminimalkan. Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal, dan diperkirakan dipicu oleh kerusakan hingga ke tingkat sel.

Membantu mengobati rematik dan nyeri sendi

Minyak bunga lawang bila dioleskan bertindak sebagai pengobatan yang sangat baik untuk sakit punggung, rematik dan nyeri sendi. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebelum menggunakan minyak ini, sebaiknya dikombinasikan dengan minyak pembawa dan juga dipijat ke daerah yang terkena.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini