dr Tirta Ingatkan Bahaya Minum Kopi Sambil Merokok

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 27 September 2021 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 481 2477649 dr-tirta-ingatkan-bahaya-minum-kopi-sambil-merokok-WSdYB0LQrG.jpg Dokter Tirta (Foto: Ist)

Dokter Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. dr Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Kali ini dr Tirta membuat video khusus mengenai konsumsi kopi yang baik. Sebagai penggemar kopi, dr Tirta menjelaskan beberapa manfaat dari dari kopi yang dapat menyehatkan tubuh. Bahkan dirinya menunjukkan skripsi yang dibuat saat menjadi mahasiswa kedokteran di Universitas Gadjah Mada yang berjudul “Efek Pemberian Kopi Instan Robusta Terhadap Toleransi Saraf Simpatis pada Laki-laki Dewasa Muda”.

Dokter Tirta 

dr Tirta pun menyebutkan bahwa selain kafein, kopi mengandung banyak zat lain yang dapat menyehatkan. Ia juga mengungkapkan bahwa terdapat efek positif jika mengkonsumsi kopi dengan kafein 250 mg, 400 mg, atau 2-3 shot perhari.

Jika dikonsumsi sesuai takaran, kopi dapat menangkal radikal bebas akibat kandungan antioksidan. Kopi juga dapat mencegah penyakit cardiovascular, salah satunya penyempitan pembuluh darah atau stroke. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, maka dapat terjadi peningkatan tekanan darah.

“Sebelum kerja kita minum kafein itu memang bermanfaat, nah tapi efeknya saraf simpatis itu adalah asam lambung” tutur dr Tirta.

Untuk penderita asam lambung, dr Tirta pun menyarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum meminum kopi meminimalisir resiko asam lambung. dr Tirta juga menyarankan untuk tidak minum kopi sambil merokok karena hal tersebut dapat mengakibatkan ketidakstabilan tekanan darah.

“Jadi kalau dicampur rokok malah bahaya, makanya kalau orang ngopi saran saya gak sama ngerokok karena yang berbahaya itu malah rokoknya ini” tutur dr Tirta.

Yuk intip penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

https://www.youtube.com/watch?v=b85qwoWoIlA

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini