Waspadai 10 Gejala Rabies pada Manusia, Bisa Berakibat Meninggal Dunia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 481 2477714 waspadai-10-gejala-rabies-pada-manusia-bisa-berakibat-meninggal-dunia-kNIoX1nDvQ.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SELAMA masa pandemi, banyak masyarakat yang hanya berfokus pada Covid-19. Padahal masih banyak penyakit yang tak kalah berbahaya dan memiliki tingkat kematian yang lebih besar daripada Covid-19 dan bisa mencapai 100 persen, salah satunya adalah rabies.

Sebagaimana diketahui, rabies atau yang lebih dikenal sebagai penyakit anjing gila merupakan salah satu penyakit mematikan. Rabies masuk ke dalam kategori penyakit zoonosis yang dapat menular melalui hewan. Penyakit ini disebabkan oleh virus rhabdovirus yang menyerang sistem saraf pusat hewan mamalia termasuk manusia.

Rabies

Dalam online media gathering ‘Pentingnya Vaksin Rabies untuk Anjing Kesayangan Kamu’, Senin (27/9/2021), Dokter Hewan, drh. Aulia Jasmine Maharani menjelaskan bahwa manusia bisa terinfeksi rabies disebabkan oleh gigitan hewan tertentu yang telah terjangkit rabies. Namun 95 persen rabies pada manusia disebabkan oleh gigitan anjing.

“Setiap mausia yang tergigit oleh anjing yang tertular rabies harus segera mendapatkan tindakan medis karena penyakit ini umumnya bersifat fatal. Setelah gejala klinis muncul pada manusia, maka tingkat kematian dapat mencapai 100 persen. Bahkan di seluruh dunia hanya ada beberapa orang yang sembuh setelah terjangkit penyakit rabies,” ujar drh. Jasmine.

Baca Juga : Cantiknya Tasya Farasya Jadi Miya Mobile Legend, Netizen Panah Aku Dong Neng

Pada kesempatan tersebut, drh Jasmine juga menjelaskan tentang beberapa gejala klinis rabies yang terjadi pada manusia, di antaranya:

Batuk

1. Batuk dan kesulitan bernapas

2. Keringat yang berlebihan

3. Mengeluarkan air liur yang berlebihan (hipersalivasi)

4. Ketakutan pada air (hidrofobia)

5. Ketakutan pada udara (aerofobia)

6.Ketakutan pada cahaya (fotofobia)

7. Kesulitan bernapas

8. Kejang-kejang

9. Kelumpuhan umum

10. Meninggal dunia

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini