Bisakah MSG Jadi Pengganti Garam?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 481 2477722 bisakah-msg-jadi-pengganti-garam-XgSaZJ1R9q.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI asupan garam berlebihan bisa membuat Anda kelebihan natrium. Namun Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengendalikan asupan garam, salah satunya membuat makanan dengan cita rasa umami.

Jika tubuh mengalami kelebihan natrium, berisiko menimbulkan masalah kesehatan. Terutama bagi para penderita hipertensi, karena memicu sederet penyakit degeneratif.

Ahli Gizi & Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Dr. Ir. Annis Catur Adi, M.Si mengatakan, sayangnya kebiasaan masyarakat Indonesia dalam membuat masakan, selalu memakai bumbu dan rempah yang memiliki cita rasa tinggi. Sedangkan dalam berbagai bumbu dan rempah itu juga sudah cukup banyak terkandung natrium.

 msg

Baca Juga: 5 Kesalahan Masak Nasi dengan Rice Cooker

"Nah cara yang sesuai jika masakan kita sudah banyak menggunakan berbagai bumbu rempah adalah dengan hanya manambahkan garam dapur dalam jumlah yang sedikit sekali," ujar Dr. Annis, lewat keterangan Ajinomoto.

Mengubah cita rasa makanan menjadi umami disebut bisa memudahkan Anda untuk diet rendah garam. Bahkan masyarakat di Jepang saja sudah menerapkan cara ini.

"Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang, menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini