Begini Loh, 5 Cara Jadi Tetangga yang Baik

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 27 September 2021 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 612 2477588 begini-loh-5-cara-jadi-tetangga-yang-baik-uvg60brihQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

LINGKUNGAN memang memberikan pengaruh besar pada perkembangan seseorang. Bahakan, disebutkan bahwa tetangga kita bisa menjadi saudara terdekat kita.

Dengan demikian, tetangga Anda bisa menjadi penyelamatan hidup.Tapi, membangun komunikasi yang baik dengan tetangga bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kita memiliki pekerjaan yang berbeda waktu.

Melansir Times of India pada, ada beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat menjaga hubungan yang baik dengan tetangga.

Bertukar basa-basi

Semuanya dimulai dengan sapaan sederhana ketika Anda melihatnya atau ucapan selamat pagi. Bersikaplah hangat dan ramah tetapi jangan berlebihan karena tidak banyak orang yang menyukainya juga.

Tetangga

Bersikap sopan santun

Pertahankan sopan santun dan hormati tetangga Anda. Jangan memainkan musik yang sangat keras, atau jika Anda melihatnya di koridor, sapa mereka.

Jangan pergi dan mulai berbicara dengan mereka sampai dibutuhkan. Banyak yang menganggap ini menjengkelkan dan kemudian mereka cenderung menghindari Anda.

Membantunya

Jika Anda melihat bahwa mereka sedang mencuci pakaian atau sedang duduk di luar karena beberapa masalah, Anda dapat membantu, silakan saja.

Tawarkan teh atau air, tanyakan apakah mereka ingin masuk daripada menunggu di luar. Ambil paket pengiriman mereka jika mereka tidak di rumah (sesuai situasi). Hanya membantu ketika Anda bisa.

Saling memberi hadiah

Siapa yang tidak suka hadiah? Baik anak kecil hingga orang dewasa, semuanya menyukai hadiah. Ini adalah cara paling tepat jika Anda ingin mengambil hati tetangga.

Tidak perlu sesuatu yang mahal, pastikan hadiah tersebut merupakan barang yang berguna. Biar lebih berkesan, tambahkan kartu ucapan dalam hadiah tersebut.

Jangan baperan

Jika tetangga Anda melakukan sesuatu secara tidak sengaja, maka analisislah apakah itu layak untuk Anda permasalahkan atau tidak. Kendalikan kemarahan Anda karena Anda harus tinggal bersama mereka untuk waktu yang lama. Kecuali jika mereka melakukan sesuatu diluar batas kewajaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini