Sudah Di-Update, Wamenkes Jelaskan 4 Arti Warna di Aplikasi PeduliLindungi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 27 September 2021 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 612 2477633 sudah-di-update-wamenkes-jelaskan-4-arti-warna-di-aplikasi-pedulilindungi-6x65RCleu5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GUNA menyaring orang-orang yang belum dan sudah mendapatkan vaksin Covid-19, pemerintah lewat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membuat aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini akan menentukan status seseorang ketika hendak beraktivitas ke ruang maupun fasilitas publik.

Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono Harbuwono, menjelaskan bahwa saat ini aplikasi PeduliLindungi telah diupdate untuk diterapkan di berbagai sektor. Saat ini pemerintah telah menambahkan kriteria hitam untuk kasus dan kontak erat, sementara merah untuk yang belum divaksinasi.

Dalam rakornas 'Pemulihan dan Pertumbuhan Sektor Parekraf', Senin (27/9/2021), Wamenkes Dante menjelaskan arti dari beberapa warna dari aplikasi PeduliLindungi.

Peduli Lindungi

1. Hijau

Fully vaccinated (2x vaksin dan tidak ada hasil tes positif atau catatan kontak erat).

2x24 PCR hasil negatif atau 1x24 antigen hasil negatif.

2. Kuning

Baru vaksin 1x (Kuning polos).

Penyintas <3 bulan tidak ada data bahwa dia positif atau kontak erat.

 

3. Merah

Belum vaksin.

4. Hitam

Positif Covid-19.

Kontak erat.

Wamenkes Dante menambahkan bahwa hasil scan PeduliLindungi dievaluasi untuk memastikan keamanan area. PeduliLindungi dapat mengidentifikasi 5.241 pengunjung tidak sehat yang sebesar 7,4% nya berasal dari sektor pariwisata.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini