Rahasia Miss V Bebas Keputihan dan Selalu Bersih

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 481 2477970 rahasia-miss-v-bebas-keputihan-dan-selalu-bersih-ifpdnGsWzy.jpeg Ilustrasi (Foto : Momjunction)

MERAWAT Miss V agar selalu sehat adalah hal dasar yang mesti diperhatikan setiap perempuan. Masalah keputihan yang banyak dialami sejatinya bisa dicegah dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari.

Ya, Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr Cynthia A. Susanto, BMedSc, Sp.OG, mengatakan bahwa keputihan merupakan permasalahan kesehatan reproduksi yang cukup sering dialami perempuan. Masalah ini memiliki dua jenis paling umum.

Ada dua macam keputihan, pertama tipe fisiologis yang disebabkan kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi, serta menjelang ovulasi.

Miss V

"Tipe berikutnya adalah patologis, yaitu karena infeksi seperti candidiasis atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat kesehatan reproduksinya tidak dijaga," papar dr Cynthia, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Baca Juga : Kenali 5 Bentuk Miss V dan Sebutannya

Lebih lanjut, Sisilism selaku Sexual Health Activist and Educator menerangkan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan Miss V bagi perempuan. Apa saja tips simple tersebut?

1. Di kegiatan sehari-hari, pastikan saat selesai buang air, usap berulang dari area pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah. Artinya, basuh area depan Miss V ke belakang, jangan sebaliknya.

2. Rutin membersihkan sekresi cairan di bagian vulva Miss V dan menjaganya untuk tidak lembap, serta mempertahankan pH-nya agar seimbang.

"Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan sabun khusus Miss V yang benar-benar dirancang khusus untuk area reproduksi perempuan dengan pH khusus dan tidak terlalu keras serta sudah teruji klinis," ungkap Sisilism.

3. Jika sudah, keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi.

Miss V yang terjaga kesehatannya memiliki peran cukup penting dalam kehidupan seorang perempuan. Selain menaikkan rasa percaya diri, Miss V yang sehat dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan serta mengurangi dan mengontrol rasa takut dan cemas karena Miss V selalu terjaga kebersihannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini