4,2 Juta Masyarakat Indonesia Terpapar TBC, 11 Ribu Resistan Obat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 481 2478082 4-2-juta-masyarakat-indonesia-terpapar-tbc-11-ribu-resistan-obat-5SuPMidP6D.jpg TBC (Foto: Allen county department of health)

SELAIN Covid-19, tuberkulosis atau biasa lebih dikenal dengan TBC merupakan penyakit yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan penanganan yang tidak maksimal, maka penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia ini dapat menular dengan cepat.

Wakil Menteri Kesehatan Dokter Dante Saksono Harbuwono menjelaskan, promosi dan preventif terhadap 260 juta pendudukan Indonesia menuju sehat tanpa tuberkulosis merupakan hal yang harus dikejar dalam beberapa tahun ke depan.

batuk

"Orang yang terpapar tuberkulosis saat ini mencapai 4.225.000 orang. Jadi ada beberapa pendekatan yang harus dilakukan yakni pendekatan surveillance dan tracing pada pasien-pasien tuberkulosis," ucap Wamenkes Dante, dalam acara 'Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Tuberkulosis' di channel YouTube Kemenko PMK, Selasa (28/9/2021).

Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan pada missing case tuberkulosis adalah beberapa dari masyarakat yang menderita tuberkulosis mengalami resistan obat. Saat ini ada sekiranya 11.463 kasus tuberculosis yang resistan terhadap obat.

"Pasien tuberkulosis dengan resistensi obat ini memiliki potensi untuk menularkan menyebabkan missing case menjadi tidak terlihat di masyarakat. Oleh sebab itu penting sekali melakukan pendekatan terhadap tuberkulosis resistensi obat," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini