12 Cara Menghilangkan Sakit Kepala dan Mual Tanpa Minum Obat Warung

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 481 2478217 12-cara-menghilangkan-sakit-kepala-dan-mual-tanpa-minum-obat-warung-VsWjJ7KzJv.jpg 12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual (Foto: Netdoctor)

ADA 12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual yang bisa Anda lakukan. Sakit kepala memang sangat membuat seseorang tidak nyaman, apalagi biasanya disertai dengan mual.

Pekerjaan menjadi terhambat akibat sakit kepala yang disertai mual menyerang. Sebelum mencari obat sakit kepala di warung atau apotek, ada 12 cara yang bisa Anda lakukan.

Berikut 12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual yang dilansir dari Boldsky, Selasa (28/9/2021).

1. Manfaatkan Lada

Lada salah satu bahan makanan atau bumbu-bumbuan yang dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan mengencerkan lendir. Taburkan bubuk lada atau merica pada makanan atau membuat teh dengan bahan tersebut. Lada mengandung zat yang disebut capsaicin yang dapat membantu meredakan sakit kepala yang berdenyut-denyut.

Cara menggunakan: Tambahkan merica ke makanan atau minuman Anda untuk mendapatkan manfaat baiknya dan meredakan sakit kepala.

2. Kayu manis

12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual

(12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual, Foto: Boldsky)

Kayu manis merupakan rempah sehat yang kaya akan antioksidan, melindungi kesehatan jantung, mengandung sifat anti inflamasi, dan efektif dapat mengobati sakit kepala.

Cara menggunakan: Giling beberapa batang kayu manis dan tambahkan air ke dalamnya untuk membuatnya menjadi pasta kental. Oleskan di dahi Anda dan berbaringlah selama 30 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan rasakan perbedaannya.

Baca Juga : Sakit Kepala Biasa atau Kena Covid-19, Yuk Kenali Bedanya

3. Kunyit

Kunyit telah digunakan untuk sakit kepala dan migrain karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Minum segelas susu kunyit telah terbukti membantu mengurangi sakit kepala. Susu kunyit juga akan meredakan hidung tersumbat karena rasanya yang hangat.

Cara menggunakan: Panaskan segelas susu cair dan tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalamnya. Minumlah tiga kali sehari untuk meredakan sakit kepala dan nyeri tubuh yang berhubungan dengan flu.

4. Cengkih

12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual

(12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual, Foto: Boldsky)

Cengkih bisa digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk menyembuhkan sakit kepala yang berdenyut-denyut karena sifatnya yang mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit. Cengkih juga memiliki manfaat lain seperti membantu pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan.

Cara menggunakan: Tambahkan 2 tetes minyak cengkeh dalam satu sendok makan minyak kelapa dan garam laut. Oleskan dan pijat lembut pada dahi dan pelipis Anda dengan itu. Ini sangat membantu meredakan sakit kepala dengan cepat.

Baca Juga : Suka Migrain? Konsumsi 5 Makanan Ini Sakit Kepala Sebelah Ogah Balik!

5. Minyak rosemary

Minyak esensial ini membantu dalam mengobati sakit kepala dan menyembuhkannya secara instan. Selain menyembuhkan sakit kepala, minyak ini meningkatkan pertumbuhan rambut, meningkatkan memori, mendetoksifikasi hati, menurunkan kortisol, dan meningkatkan fungsi kandung empedu.

Cara menggunakan: Oleskan setetes minyak rosemary di masing-masing pelipis dan dahi. Gosokkan dengan lembut ke kulit. Diamkan selama beberapa menit kemudian Anda bisa mencucinya.

6. Teh peppermint

Peppermint memiliki efek menenangkan atau relaksasi pada tubuh yang dapat meredakan sakit kepala, gangguan terkait kecemasan, dan masalah perut. Bahan ini mengandung mentol dan metil salisilat yang keduanya memiliki efek antispasmodik.

Cara menggunakan: Tumbuk 7 sampai 10 daun peppermint dan masukkan ke cangkir teh Anda. Tambahkan air mendidih dan biarkan selama 10 menit. Angkat dan buang daunnya kemudian tambahkan madu. Selamat menikmati minumannya.

7. Menghidrasi Tubuh

Kunci dari sakit kepala yang Anda rasakan mungkin sesederhana segelas air. Dehidrasi kronis adalah penyebab umum sakit kepala menurut beberapa penelitian.

Dehidrasi juga dapat memengaruhi konsentrasi dan membuat Anda cepat marah, sehingga memperparah efek sakit kepala Anda. Tak perlu khawatir, air juga terbukti bisa meredakan sakit kepala dalam waktu setengah jam.

8. Teh jahe

12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual

(12 cara menghilangkan sakit kepala dan mual, Foto: Boldsky)

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa jahe, yang diminum bersama obat nyeri biasa yang dijual bebas, meredakan rasa sakit bagi penderita migrain.

Cobalah minum suplemen jahe atau seduh teh jahe. Anda juga bisa memijat minyak jahe yang diencerkan ke pelipis, dahi, leher, dan bahkan punggung. Jika Anda stres, teh jahe hangat juga dapat membantu menenangkannya, membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

9. Konsumsi Kafein

Terlalu banyak kafein sebenarnya dapat membuat sakit kepala Anda semakin parah, tetapi dalam batas tertentu, kopi jika diminum segera setelah sakit kepala dimulai, dapat menghentikannya dan mengurangi rasa sakit.

Jangan memanjakan diri dengan mengonsumsi kafein secara terus-menerus. Selain itu, konsumsi banyak air putih setelah mengonsumsi kafein karena kafein adalah dehidrator yang justru dapat memicu sakit kepala Anda.

10. Bersantai

Stres bisa menjadi penyebab utama sakit kepala. Berlatih olahraga atau aktivitas yang menghilangkan stres dapat membantu menurunkan intensitas sakit kepala.

Latihan yoga, peregangan, latihan pernapasan, atau meditasi secara teratur dapat membantu mengurangi sakit kepala, baik dalam frekuensi maupun intensitas. Memasukkan ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat berdampak signifikan pada kesehatan Anda dan perasaan Anda setiap hari.

11. Konsumsi bayam

Sayuran hijau dan berdaun sangat baik untuk migrain. Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan dan bayam adalah sumber asam folat dan vitamin B serta magnesium yang baik. Ini membantu melawan migrain.

12. Gunakan Kompres Dingin

Sangat efektif untuk mengatasi migrain, kompres dingin dapat membantu meredakan peradangan. Anda bisa menggunakan kompres gel, es batu yang dibungkus handuk atau sekantong sayuran beku. Biarkan kompres di kepala Anda selama 15 menit, lalu istirahat selama 15 menit.

Diperkirakan bahwa dingin menyempitkan pembuluh darah (proses yang disebut vasokonstriksi), kemungkinan menyebabkan penurunan aliran darah ke hilir dan mengurangi rasa sakit yang mungkin Anda rasakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini