Share

Begini 8 Cara Memilih Mobil Aki Anak yang Bagus

Agustina Wulandari , Okezone · Rabu 29 September 2021 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 12 2478603 begini-8-cara-memilih-mobil-aki-anak-yang-bagus-gd3cg5CfEz.jpeg Foto: Dok.Moneter.id

Ayah dan bunda di seluruh dunia pasti ingin memberikan yang terbaik bagi sang anak. Selain tempat berteduh, si kecil juga perlu mainan untuk menstimulasi kognitif mereka. Faktanya, anak akan tumbuh jauh lebih optimal saat diberikan mainan, loh. Nah, salah satu yang sedang happening di antara anak kecil adalah mainan mobil aki anak.

Tertarik membelikan mobil aki anak yang bagus bagi si kecil? Eits, tunggu dulu. Pastikan Anda sudah mengetahui cara memilihnya. Pasalnya, bila salah perhitungan, mobil aki yang dibeli akan cepat rusak. Simak tips berikut ini, ya.

1. Sesuaikan dengan Karakter si Kecil

Ada banyak model mobil aki anak yang dijual di pasaran. Namun, tidak semua jenis mobil aki anak cocok untuk buah hati Anda. Ada jenis mobil aki yang classy, feminim, sporty, atau lucu.

Nah, Anda bisa sesuaikan dulu dengan karakter si buah hati. Kalau tidak yakin, Anda bisa mengajak si kecil berkunjung langsung ke toko.

Baca Juga: Kenali 4 Aspek Perkembangan Anak, Mana yang Paling Penting di Masa Pandemi?

2. Pilih Warna yang Disukai Si Kecil

Selain karakter, pemilihan warna itu sangat penting loh untuk si buah hati. Bahkan, dengan pemilihan warna yang tepat, psikologis dan emosi anak bisa lebih teratur. Setiap anak pun memiliki warna favoritnya masing-masing.

So, sebaiknya Anda tanya dulu ke si kecil mana warna yang ia suka. Saat ini tersedia berbagai macam mobil aki anak dengan warna-warna yang mencolok seperti kuning, merah dan biru.

3. Sesuaikan dengan Budget yang Anda Miliki

Anda merasa mainan mobil aki anak mahal? Nggak juga, kok. Saat ini harganya sudah lumayan turun dari tahun-tahun sebelumnya. Mobil aki anak ada yang sudah bisa dibeli dengan budget Rp1 juta saja, loh.

Sebenarnya, ada juga mobil aki anak yang dijual dengan harga Rp30 juta, tentunya spek dan build quality yang lebih oke. Namun, tentu saja dengan harga yang agak mahal ini sebaiknya anda pertimbangkan lagi fungsi dan tujuan membelinya.

4. Pastikan Build Quality Sudah Oke

Sebelum memutuskan membeli mobil aki anak, Anda bisa nih tanya ke diri sendiri, sudah sesuaikah harga yang akan dikeluarkan dengan build quality yang didapatkan? Apakah dengan harga sekian akan dapat mobil aki anak yang bisa awet beberapa tahun ke depan?

Build Quality atau hasil akhir pembuatan ini sangatlah penting diperhatikan. So, sebelum membelinya periksa dulu rangkaian baut dan juga pemolesan cat yang digunakan. Build Quality yang buruk mengakibatkan mobil aki anak cepat rusak setelah dipakai beberapa bulan saja.

Ingat, harga yang tinggi belum tentu punya build quality yang baik. Namun, biasanya harga pun menentukan fasilitas yang didapatkan. So, pastikan anda mengecek dengan jeli sebelum membelinya.

5. Beli Berdasarkan Tujuan

Setiap mobil aki anak punya tujuan masing-masing berdasarkan mereknya. Misalkan saja, kalau Anda ingin mencari mobil aki anak yang bagus secara build quality bisa tengok merek Kids Time dan Pliko. Kekurangannya, kedua merek ini biasanya dijual dengan harga yang mahal.

Nah, kalau Anda ingin mencari mobil aki anak dengan ukuran besar dan murah, bisa pilih merek MOB. Kekurangannya, build quality MOB tidak sebagus merek Kids Time dan Pliko. Jadi, sesuaikan dengan tujuan Anda dulu saat ingin membeli mobil aki anak, apakah mau yang ukurannya besar, atau lebih mengedepankan aspek jangka panjang.

6. Pahami Medan Permainan

Nah, setelah anda paham tujuan anda membeli mobil aki anak, sekarang saatnya melihat kembali lokasi permainan si kecil. Terkadang, anak lebih sering bermain di dalam rumah. Namun, ada juga anak yang lebih suka bermain di halaman rumah.

Bagi si kecil yang suka bermain di tanah, sebaiknya Anda membelikan mobil aki tipe sedan. Namun, bila lingkungan sekitar rumah adalah perumahan dengan bukit dan tanjakan polisi tidur, pilih tipe jeep atau SUV.

7. Hindari Membeli Mobil Aki Anak karena Tergiur Fungsi Minor

Beberapa mobil aki anak memiliki fungsi minor yang sebetulnya tidak seberapa sering digunakan. Misalkan saja, fungsi Ayun yang tersedia di sebagian mobil aki anak. Memang, sangat bagus membeli mobil aki yang punya fitur Ayun untuk anak di bawah satu tahun.

Namun, ketika sang anak sudah berumur satu tahun lebih, fungsi Ayun ini tidaklah berguna. Anak sudah bisa menaiki mobil aki sendiri dengan bantuan remote. Akibatnya, Anda hanya buang-buang uang demi membeli mobil aki lebih mahal yang ada fitur Ayunnya.

8. Jangan Tergiur Mobil Aki dengan Fitur Tak Lazim

Ada beberapa merek mobil aki anak yang punya teknologi yang bisa dibilang tak lazim. Misalkan saja, sematan tenaga 24 volt. Padahal, wajarnya sebuah mobil aki anak menggunakan teknologi 12 volt saja. Memang benar dengan 24 volt mobil aki akan membuat jalannya lebih kencang.

Meski begitu, ketika ada kerusakan yang terjadi, Anda akan susah mencari pengganti sparepart yang sudah rusak tersebut. Memang menyenangkan di awal membeli mobil aki 24 volt, namun sengsaranya terasa di akhir.

Ini dia beberapa cara memilih mobil aki anak terbaik untuk sang buah hati. Ingat dan pastikan untuk membeli mobil aki anak sesuai dengan budget dan fitur, ya.

Saat ini, mobil aki anak tidak semahal dulu karena demand pasar yang semakin meningkat. Produsen mobil aki anak pun semakin bermunculan, membuat harganya jadi lumayan terjangkau. Anda mencari mobil aki anak terbaik? Bisa tengok beberapa perbandingan harganya di Blibli, loh.

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini