Alasan Orang dengan Penyakit Jantung Suka Nyeri Dada saat Makan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 481 2478656 alasan-orang-dengan-penyakit-jantung-suka-nyeri-dada-saat-makan-RlMDgTfUQB.jpg Nyeri dada saat makan (Foto: Scary Symptoms)

ORANG dengan penyakit jantung, seperti adanya sumbatan di pembuluh darah, bisa merasakan nyeri dada saat makan. Kondisi ini yang kerap disalahartikan menjadi masalah maag.

Padahal, menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital dr Bambang Budiono, Sp.JP, kedua penyakit tersebut berbeda dan bisa dikenali dengan jelas pembeda gejalanya.

Soal mengapa pasien dengan masalah jantung mengalami nyeri dada saat makan, dr Bambang menerangkan bahwa itu terjadi akibat permintaan suplai darah oleh lambung.

Nyeri Dada

"Ya, orang makan itu lambung bekerja. Kalau lambung bekerja keras karena ada makanan, khususnya jika makanannya agak padat, kerja keras itu memerlukan energi. Artinya, si lambung memerlukan suplai darah yang lebih banyak. Nah suplai darah yang banyak ke lambung itu bisa seperti orang berolahraga dampaknya, sehingga kalau orang itu ada penyempitan, saat makan ia bisa nyeri dadanya," papar dr Bambang dI webinar Hari Jantung Sedunia 2021, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga : Hari Jantung Sedunia, Yuk Kenali 5 Penyebab Penyakit Jantung

Nah, sayangnya banyak orang yang sering mengartikan nyeri dada tersebut sebagai gejala dari maag. Padahal, hal tersebut dapat dibedakan dengan satu poin penting yaitu nyeri dadanya bertahan atau kemudian hilang.

Jadi, pada masalah maag, pasien tidak hanya mengalami nyeri dada, tetapi ada masalah kesehatan lain yang terjadi misal sering sendawa, keluar gas, atau kalau ada GERD maka ada rasa terbakar di dada.

"Nah, kalau orang dengan masalah jantung, nyeri dada yang muncul tidak hanya saat makan, tetapi bisa terjadi saat dia naik tangga. Ini yang membedakan dengan masalah maag, yang mana nyerinya bisa hilang setelah makan," ungkap dr Bambang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini