Kanker Rahim Bisa Diobati Kok, Ini 7 Caranya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 612 2478625 kanker-rahim-bisa-diobati-kok-ini-7-caranya-4B0EmZJEsc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAMPAI saat ini, penyebab kanker memang masih menjadi misteri. Memang, gaya hidup bisa memberikan risiko tambahan pada kanker, meskipun ada juga faktor genetis yang memengaruhi.

Kanker pun bisa menyerang bagian-bagian tubuh tertentu, laki-laki dan perempuan pun bisa mengalami kanker yang berbeda. Pada perempuan, kanker yang biasa menyerang adalah kanker payudara dan kanker rahim.

Hingga saat ini, belum ada obat khusus untuk mengobati penyakit kanker. Namun, ada beberapa obat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan kanker rahim. Merangkum dari Cancer, berikut daftar obat kanker yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk kanker rahim.

1.Dostarlimab-gxly

2.Jemperli (Dostarlimab-gxly)

3.Keytruda (Pembrolizumab)

4.Lenvatinib Mesilat

5.Lenvima (Lenvatinib Mesylate)

6.Megestrol Asetat

7.Pembrolizumab

Selain pemberian obat, ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker rahim. Beberapa di antaranya adalah:

Kanker

1.Operasi

Pengobatan untuk kanker rahim biasanya melibatkan operasi pengangkatan rahim (histerektomi), serta pengangkatan tuba falopi dan ovarium (salpingo-ooforektomi). Tindakan Histerektomi membuat wanita tidak mungkin lagi bisa hamil. Setelah ovarium diangkat, seorang wanita akan mengalami menopause.

2.Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar energi yang kuat, seperti sinar-X dan proton, untuk membunuh sel kanker. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan radiasi untuk mengurangi risiko kambuhnya kanker setelah operasi.

3.Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel kanker. Seseorang mungkin menerima satu obat kemoterapi, atau lebih dari dua obat sebagai kombinasinya. Seseorang mungkin menerima obat kemoterapi dengan pil (secara oral) atau melalui pembuluh darah Anda (intravena).

4.Terapi hormon

Terapi hormon melibatkan obat untuk menurunkan kadar hormon dalam tubuh. Terapi hormon dapat menjadi pilihan jika menderita kanker rahim stadium lanjut yang telah menyebar ke luar rahim.

5.Targeted therapy

Metode ini adalah pengobatan yang ditargetkan fokus pada kelemahan spesifik yang ada di dalam sel kanker. Dengan menyerang kelemahan ini, perawatan obat yang ditargetkan dapat menyebabkan sel kanker mati. Terapi obat yang ditargetkan biasanya dikombinasikan dengan kemoterapi.

6.Imunoterapi

Imunoterapi adalah pengobatan obat yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit mungkin tidak menyerang kanker. Sebab sel kanker menghasilkan protein yang membutakan sel sistem kekebalan.

7.Perawatan suportif (paliatif)

Perawatan paliatif adalah perawatan medis khusus yang berfokus pada pemberian bantuan dari rasa sakit dan gejala penyakit serius lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini