5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Jika Ingin Punya Jantung Sehat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 298 2479371 5-makanan-yang-wajib-dikonsumsi-jika-ingin-punya-jantung-sehat-1vA3EKrKLU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA kesehatan jantung memang harus dilakukan dengan menjaga pola makan dan hidup sehat. Selain berolahraga, memperbaiki pola makan juga penting dilakukan.

Mengubah kebiasaan makan ini akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh. Makanan yang baik untuk jantung dapat memainkan peran utama dalam diet sehat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Faktanya, makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Melansir Pinkvilla pada Kamis (30/9/2021), berikut 5 makanan yang diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Ikan

Ikan seperti makarel, sarden, tuna dan salmon mengandung asam lemak omega-3. Jenis lemak ini telah terbukti menurunkan trigliserida (sejenis lemak) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL, meningkatkan kapasitas pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah, sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk memblokir aliran darah.

Jantung

Minyak nabati

Minyak nabati seperti jagung, kedelai dan safflower (yang mengandung asam lemak omega-6), dan yang mengandung asam lemak omega-3 (seperti canola dan minyak zaitun) dapat membantu menurunkan kolesterol LDL bila digunakan sebagai pengganti lemak jenuh seperti mentega.

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Serat, kalium dan mikronutrien lainnya (seperti antioksidan) dalam buah dan sayuran memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Ini juga merupakan sumber penting folat - yang membantu menurunkan kadar asam amino homosistein dalam darah, yang tampaknya terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Gandum utuh

Makanan tinggi serat dari biji-bijian terkait dengan penurunan kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan dengan kadar serat larut yang tinggi (misalnya, gandum, kacang polong dan barley) baik untuk menurunkan kadar kolesterol total.

Sumber karbohidrat glikemik rendah

Seperti roti gandum dan sereal, kacang-kacangan, beberapa jenis nasi dan pasta, dan banyak buah dan sayuran membantu menurunkan trigliserida darah dan kadar gula darah (gula), membantu mengontrol Diabetes dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini